Perancangan Sistem Informasi Objek Wisata di DKI Jakarta Berbasis Android

Reksa Febria Alamsah, Senna Hendrian, Ana Rusmardiana

Abstract


Jakarta merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia. Banyak tempat wisata yang seru dapat ditemui di DKI Jakarta. Namun, sedikit masyarakat yang mengetahui tempat wisata tersebut, bahkan masyarakat Jakarta itu sendiri. Hal itu terjadi dikarenakan kurangnya sarana atau tempat khusus berbagi informasi tempat wisata secara detail . Untuk itu dibutuhkan sebuah sarana atau tempat untuk berbagi rekomendasi tempat wisata yang dapat membantu masyarakat dalam menemukan alamat dan detail tempat wisata di DKI Jakarta. Peneliti akan membuat sebuah aplikasi yang di dalam nya terdapat sub wilayah antara lain jakarta selatan, jakarta pusat, jakarta timur, jakarta barat dan jakarta utara di tiap sub sub nya terdapat pilihan wisata destinasi, taman dan musim peneliti akan mengembangkan apa yang ada di dalam aplikasi menambah sebuah fitur fitur keren dan cangih, didalam aplikasi ini  akan menampilkan sebuah detail detail sejarah dari wisata terebut mulai dari destinasi musium dan taman yang berada di dki jakarta.Munculnya beragam aplikasi memberikan pilihan dalam peningkatan kinerja suatu pekerjaan, baik yang bersifat desktop based, web based hingga yang sekarang ini munculnya aplikasi-aplikasi baru yang berjalan pada sistem platform android. Pemilihan mobile android untuk salah satu pengembangan aplikasi selain lebih mudah dalam pengoperasiannya, juga karena sifat dari mobile yang fleksibel menjadi salah satu alasan. Maka peneliti akan membuat sebuah aplikasi perancangan sistem informasi aplikasi objek wisata di DKI Jakarta berbasis android .  


Keywords


Android; Informasi Objek Wisata; DKI Jakarta

Full Text:

PDF

References


Enterprise, J. (2015). Mengenal Dasar-Dasar Pemrograman Android. Elex Media Komputindo.

Erik Kurniadi, Heru Budianto .(2018) . Rancang bangun aplikasi Wisata Kabupaten Kuningan Berbasis Android Menggunakan Metode Location Based service (LBS) .Jurnal Cloud Information 3(2) http://journal.uniku.ac.id/index.php/cloudinformation/article/view/1230.

Hermawan, I. (2019). Teknik Menulis Karya Ilmiah Berbasis Aplikasi dan Metodologi. Kuningan: Hidayatul Quran.

Julianto, S., & Setiawan, S. (2019). Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Tiket Bus Pada Po. Handoyo Berbasis Online.JurnalIntra-Tech,3(2),11-25. https://journal.amikmahaputra.ac.id/ index.php/JIT/article/view/56/48.

Khas, C., & Berbasis, B. (2017). Analisis dan perancangan aplikasi marketplace cinderamata khas batak berbasis android 1,2,3. 3(1), 242-246.

Kurniawan, B. D., Andryana, S., & Benrahman, B. (2020). Perancangan Sistem Informasi Laporan Asset Berbasis Smartphone dengan Metode Waterfall. Jurnal Media Informatika Budidarma, 4(3), 735. https://doi.org/10.30865/mib.v4i3.2220.

Maniah, & Hamidin, D. (2017). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Jakarta: Penerbit Deepublish (Grup Penerbit CV Budi Utama).

Sesunan, M. F., & Mukti, R. (2019). Rancang bangun sistem informasi objek wisata di DKI Jakarta berbasis mobile. Journal of Information System, Informatics and Computing, 3(2), 59-63.

http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisicom/article/view/140

Sopanah, A. (2021). Bunga rampai ekonomi dan bisnis: isu kontemporer ekonomi dan bisnis. Surabaya: scopindo media pustaka.

Tyoso, J. S. P. (2016). Sistem Informasi Manajemen. Sleman: Deepublish.

Wira Shelviana Hanum, Aries Saifudin .(2019) . Rancang bangun aplikasi panduan pariwisata di kabupaten banyuwagi mobile berbasis android .Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi, 2(2) http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JTSI/article/view/2798 .




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v5i2.5489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: