Perancangan Sistem Informasi Manajemen pada Lembaga Bantuan Hukum Januka Berbasis Java

Achmad Rizki Muazam, Aulia Paramita, Aswin Fitriansyah

Abstract


Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Januka dalam melaksanakan aktivitasnya masih menerapkan sistem manajemen organisasi secara manual, seperti mencatat data klien, mencatat kasus, pengarsipan surat-menyurat, dan pembukuan keuangan yang dapat berdampak pada kinerja organisasi menjadi tidak maksimal. Teknologi akan membantu karyawan LBH Januka agar lebih maksimal dalam melayani kliennya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem informasi manajemen berbasis Java pada LBH Januka. Dengan hasil, sistem yang terkomputerisasi akan memudahkan karyawan LBH Januka dalam bekerja, dan berdampak pada integritas Lembaga karena terpecaya, transparan, dan akuntabel dalam mencatat, mengarsipkan, dan mengelola data serta berkas milik klien. Juga sistem ini akan mengurangi risiko seperti hilang dan rusaknya berkas atau data, lamanya mencari berkas, dan kendala lainnya yang kerap terjadi. Metode yang digunakan oleh peneliti dalam mengembangkan aplikasi untuk LBH Januka adalah grounded research, yang berdasarkan pada fakta dan menggunakan analisis perbandingan dengan mengadakan generalisasi empiris, menetapkan konsep, membuktikan teori, mengembangkan teori, pengumpulan data, analisis data dalam waktu yang bersamaan.


Keywords


Sistem Informasi; Manajemen; Lembaga Bantuan Hukum

Full Text:

PDF

References


Sommerville, I. (2011). Software Engineering (Ninth Edition). United States of America: Pearson Education, Inc., publishing as Addison-Wesley

Birks, M., & Mills, J. (2015). Grounded Theory A Practical Guide. Singapura: SAGE Publications Asia-Pacific Pte Ltd

Pujiarto, I.W., Putra, E., & Ikhsan, E. (2015). Pelaksanaan Pemberi Bantuan Hukum Dikaitkan dengan Undang-Undang No. 16 Tahun 2011 Tentang Bantuan Hukum. Arena Hukum, 8 (3), 300-463.

Muriyatmoko, D., Utama, S. N., & Sholeh, B. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Layanan Konsultasi Bantuan Hukum LPKBH Al-Baihaqy Surabaya. JIP (Jurnal Informatika Polinema), 7 (1), 7-16. Doi: 2407-070X.

Handoko, W.T., Lestariningsih, E., & Ardhianto, E. (2014). Rancang Bangun Sistem Informasi Data Konsultasi Perkara Klien pada Biro Konsultasi dan Bantuan Hukum (BKBH) Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang. Dinamika Informatika, 6 (1), 17-26. ISSN: 2085-3343.

Rusdiana & Irfan, M. (2014). Sistem Informasi Manajemen. Bandung: Pustaka Setia.

Zen, R. M., dkk. (2013). Bantuan Hukum dan Pembentukan Undang-Undang Bantuan Hukum. Jakarta: Koalisi Masyarakat Sipil untuk Undang-Undang Bantuan Hukum.

Hutahaean, J. (2015). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish.

Indonesia. Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2011 Tentang Bantuan Hukum. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2011 Nomor 104, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5248. Sekretariat Negara. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v4i02.5391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: