Sistem Informasi Pengelolaan pada Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 1 Berbasis Java

Wais Al Qorni, Dyah Rhetno Wardhani, Dwi Marlina

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mempermudah pengelolaan dari pihak panti asuhan  maupun dari pengunjung yang datang ke panti asuhan, selain itu juga untuk menghemat penggunaan kertas dan menangani proses pendataan pada panti asuhan yang manual dengan cara komputerisasi. Pada aplikasi ini, bagian tata usaha dapat menangani data anak, data guru, data pramubakti dengan memiliki akses CRUD. Pengunjung dapat menangani data pengunjung, data jadwal kunjungan, data acara dan transaksi sumbangan dengan memiliki akses CRUD. Kepala Panti dapat dengan mudah mencetak laporan yang dibutuhkan dengan cepat tepat dan akurat. Setelah peneliti menganalisis dan merancang sistem informasi pengelolaan panti asuhan ini, akhirnya peneliti dapat menarik kesimpulan sistem yang dibangun adalah sistem informasi berbasis komputer yang mampu mengolah dan menyimpan data serta menghasilkan informasi yang cepat dan akurat. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini akan mempermudah pekerjaan para pegawai Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 1 yang memerlukan keakuratan dan kecepatan informasi.


Keywords


Sistem Informasi; Pengelolaan; Panti Asuhan; Java.

Full Text:

PDF

References


Mulyani, S. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah: Notasi Pemodelan Unified Modeling Language (UML). Abdi Sistematika.

Mulyani, S. (2017). Metode Analisis dan Perancangan sistem. Abdi Sistematika.

Nazir, M. (2011). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.

Pane, S. F. (2020). Membangun Aplikasi Pinjaman Jurnal Menggunakan Aplikasi Oracle Apex Online. Kreatif.

Riskiono, S. D., Hamidy, F., & Ulfia, T. (2020). Sistem Informasi Manajemen Dana Donatur Berbasis Web Pada Panti Asuhan Yatim Madani. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 1(1), 21. https://doi.org/10.33365/jta.v1i1.670

Satzinger, J. W., Jackson, R. B., & Burd, S. D. (2012). Systems Analysis and Design in A Changing World. (6th ed.). Joe Sabatino.

Snae, M. (2019). Sistem Informasi Pendataan Anak Panti Asuhan “Riang” Berbasis Website. JITU : Journal Informatic Technology And Communication, 3(1), 20–24. https://doi.org/10.36596/jitu.v3i1.63

Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2011). Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Modula.

Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak. Informatika Bandung.

Sutarman. (2012). Pengantar Teknologi Informasi. Bumi Askara.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v4i01.5178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: