Perancangan Sistem Informasi Nilai SD Negeri Pengadegan 07 Jakarta Selatan

Zulkifli Fadilah, Yossi Indrawati Syuhardi, Rayung Wulan

Abstract


Pandemi COVID-19 membuat seluruh masyarakat dalam lingkungan pendidikan, baik siswa, guru, maupun orang tua mejadi peka terhadap teknologi informasi. Salah satu masalah yang dihadapi adalah pencatatan informasi nilai siswa, yang menyebabkan pekerjaan guru di SD Negeri Pengadegan 07 Jakarta Selatan Selatan menumpuk dan timbulnya kesalahan submit nilai siswa. Tujuan penelitian yang dilakukan penulis adalah membangun suatu sistem untuk membantu efisiensi kinerja guru dalam administrasi nilai siswa dengan memanfaatkan database dan aplikasi desktop. penulis menggunakan metode penelitian research and development, yaitu suatu rangkaian proses dalam rangka mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada agar lebih efisien dan lebih optimal penggunaannya. Dalam pengembangan sistem penulis menggunakan metode waterfall dan proses pengumpulan data yang dibutuhkan dengan studi lapangan melalui observasi dan wawancara guru kelas. Diperoleh kesimpulan bahwa dengan adanya sistem informasi nilai ini, proses pencatatan nilai dan absensi siswa pada kelas 6 SD Negeri Pengadegan 07 Jakarta Selatan menjadi lebih efisien.


Keywords


Sistem Informasi; Java; SD Negeri Pengadegan 07 Jakarta Selatan

Full Text:

PDF

References


Andrian, M. A. W. (2019). Perancangan Sistem Pengolahan Data Nilai Siswa Berbasis Java di SMP AT-TAQWA Kec. Sawah Beasar Jakarta. Jurnal String Universitas Indraprasta PGRI, 3(3).

Arifin, M. N., & Siahaan, D. (2020). Structural and Semantic Similarity Measurement of UML Use Case Diagram. LONTAR KOMPUTER, 11(2).

Nafiudin. (2019). Sistem Informasi Managemen. Surabaya: Penerbit Qiara Media.

Negara, E. S., Romindo, Tanjung, R., Heriyani, N., Simarmata, H., Jamalaudin, … Purba, B. (2021). SISTEM INFORMASI MANAGEMEN BISNIS. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Nopriandi, H. (2018). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI REGISTRASI MAHASISWA. JURNAL TEKNOLOGI DAN OPEN SOURCE, 1(1).

Prayitno, A., & Safitri, Y. (2015). Pemanfaatan Sistem Informasi Perpustakaan Digital Berbasis Website Untuk Para Penulis. Indonesian Journal on Software Engineering, 1(1).

Purba, A. (2015). PERANCANGAN APLIKASI PERAMALAN JUMLAH CALON MAHASISWA BARU YANG MENDAFTAR MENGGUNAKAN METODE SINGLE EXPONENTIAL SMOTHING (Studi Kasus : Fakultas Agama Islam UISU). Riset Komputer (JURIKOM), 2(6).

Salim, & Haidir. (2019). Penelitian Pendidikan Metode, Pendekatan, dan Jenis. Jakarta: Kencana.

Sidik, M. (2019). Perancangan dan Pengembangan E-commerce dengan Metode Research and Development. Teknik Informatika Unika St. Thomas (JTIUST), 4(1).

Sitohang, H. T. (2018). SISTEM INFORMASI PENGAGENDAAN SURAT BERBASIS WEB PADA PENGADILAN TINGGI MEDAN. Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 3(1).




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v4i04.5065

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: