Perancangan Aplikasi Point Of Sales (Pos) di Café Rehat dan Singgah Berbasis Android

Syahrul Ramadi, Yanto Yanto, Alhidayatuddiniyah T W

Abstract


Di era digital yang sangat pesat dengan perkembangan teknologi membuat para pengguna teknologi harus beradaptasi. Kemajuan yang paling terlihat pada saat ini adalah pengolahan data menjadi informasi yang sangat cepat menjadikan data semakin akurat didapat. Terlebih lagi dengan hadirnya internet dapat mempercepat pertukaran informasi diseluruh dunia tanpa terbatas oleh waktu. Peran teknologi memudahkan masyarakat dalam mencari informasi yang akurat guna membantu dalam kehidupan sehari-hari. Sektor perdagangan juga mendapatkan pengaruh yang signifikan dalam era digitial ini membuat sektor perdagangan harus melakukan cara-cara agar tidak tertinggal dalam mendapatkan informasi yang cepat. Proses transaksi dalam sektor perdagangan mendapatkan hasil yang signifikan guna membantu dalam proses penjualan di sektor usaha mulai dari pendataan produk, pendataan pegawai, proses transaksi dan laporan yang dibutuhkan didalam usaha tersebut. Aplikasi kasir membantu para pelaku usaha dalam melakukan proses penjualan. Sehingga dengan adanya teknologi aplikasi ini memudahkan para pelaku usaha di Indonesia dalam mengatur proses dalam usaha yang dimiliki. Dalam perancangan aplikasi ini, metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode Grounded Research, yaitu metode penelitian berdasarkan fakta, pengumpulan data, studi Pustaka, dan observasi. Dengan metode pengembangan sistem yang digunakan adalah Software Development Life Cycle Agile (SDLC Agile). Metode ini sangat cocok diterapkan untuk membangun sistem jangka pendek yang memerlukan adaptasi yang cepat. Berdasarkan hasil perancangan aplikasi Point of Sales (POS) berbasis android yang telah dibuat, dapat disimpulkan bahwa program ini dapat mempermudah para pelaku usaha dalam mengelola usahanya

Keywords


Aplikasi; Point of Sales; Kasir; Kotlin; Android

Full Text:

PDF

References


Abdurahman, H., & Riswaya, A. R. (2014). Aplikasi Pinjaman Pembayaran Secara Kredit Pada Bank Yudha BHakti, Jurnal Computect & Bisnis, 8(2), 61–69.

Azizah, F., Novyanti, L., Amri, N. O., Oktaviani, A., & Nurfalah, R. (2022). Perancangan Aplikasi Point of Sale Pandita Coffee Berbasis Web Dengan Kombinasi Model SDLC Waterfall. Jurnal Sistem …, 6(1), 67–74. http://www.jurnal.kaputama.ac.id/index.php/JSIK/article/view/798.

Indrajani. (2011). Perancangan Basis Data All in 1. Jakarta: Alex Media Komputindo.

Nazir, Muhammad. (2011). Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Pane, S. F., Sari, W. K., & Wicaksono, Z. A. (2020). Membuat Aplikasi Pengolahan Data Administrasi Barang Menggunakan Aplikasi Apex Online. Bandung. Kreatif.

Permana, S. D. H., & . F. (2015). Analisa Dan Perancangan Aplikasi Point Of Sale (POS) Untuk Mendukung Manajemen Hubungan Pelanggan. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(1), 20-28.

Suhendro, D. (2017). Perancangan dan Implementasi Realisasi Anggaran Pendapatan ( Studi Kasus : Pengadilan Negeri Klas IB Pematangsiantar ). Seminar Nasional Teknologi Informatika, 30–36.

Suyuti, R. N. M. A. (2018). Perancangan Mesin-Mesin Industri. Yogyakarta. Deepublish.

Syarifudin, G., & Kosasi, S. (2015). Perancangan Aplikasi Point of Sale dalam Pemesanan Menu Restoran. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia, 1(2), 409.

Yeka Hendriyani, S. K. M. K., & Karmila Suryani, S. K. M. K. (2020). Pemrograman Android: Teori dan Aplikasi. Pasuruan, Jawa Timur. Penerbit Qiara Media.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v4i01.5017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: