Perancangan Aplikasi Inventory pada PT Harmoni Indonesia Media Berbasis Java

Ari Purnomo, Bay Haqi, Zuhana Realita Alfy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat lunak inventory berbasis java koneksi netbeans yang mampu mengelola pengolahan data mulai dari data bagian gudang, data karyawan, data supllier data barang, data pemesanan, data barang masuk, data permintaan dan data barang keluar. Pada penelitian ini juga ditentukan tingkat kelayakan perangkat lunak yang telah dibuat. Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Metode pengembangan perangkat lunak menggunakan Waterfall Model. Pengujian perangkat lunak dilakukan melalui pengujian white-box dan black-box, sedangkan model analisis menggunakan analisis terstruktur yaitu Entity Relationship Diagram (ERD) dalam menggambarkan model data dan Data Flow Diagram (DFD) untuk menggambarkan model fungsional. Perangkat lunak pembangun sistem adalah Netbeans IDE 8.2 dengan database Mysql. Pengujian instrumen dilakukan melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik pengumpulan data pada penelitian dengan cara wawancara, kuesioner, dan literatur. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriftif kuantitatif.


Keywords


Sistem Aplikasi; Inventory

Full Text:

PDF

References


Ermawati, E., Ichsan, N., & Wahyuni, T. (2018). Sistem Informasi Penjualan Furniture Berbasis Web. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 13(3), 41-47.

Handayani, T., Furqon, A. H., & Supriyono, S. (2020). Rancang Bangun Sistem Inventori Pengendalian Stok Barang Berbasis Java Pada PT Kalibesar Artah Perkasa. E-Journal.Rosma.Ac.Id.

Ibeng. (2018). Pengertian Entity Relationship Diagram (ERD). Www.Pendidikanku.Org.

Khairina, D. M. (2011). ANALISIS KEAMANAN SISTEM LOGIN. Jurnal Informatika Mulawarman.

Mulyani, P. D. S. (2014). Pengertian Erd. In Marlinda.

Rahmawati. (2017). Sistem Informasi Inventory Stock Barang Pada CV. Artha Palembang.

Risdiansyah, D. (2017). Perancangan Sistem Informasi Bimbingan Konseling Berbasis Desktop pada SMA Kemala Bhayangkari 1 Kubu Raya Deni. Khatulistiwa Informatika.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kombinasi. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Weik, M. H., & Weik, M. H. (2000). data-flow diagram. In Computer Science and Communications Dictionary. https://doi.org/10.1007/1-4020-0613-6_4279

Wijaya, K. M. (2016). Pengertian CD (Context Diagram) dan DFD (Data Flow Diagram). Blogspot.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v4i04.4996

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: