Sistem Informasi Pembayaran Sekolah pada Madrasah Ibtidaiyah Al Ihsan Condet Berbasis Java

Abdul Majid, Juliana Juliana, Lukman Lukman

Abstract


Madrasah Ibtidaiyah Al-Ihsan merupakan salah satu sekolah tertua yang berada di Kecamatan Kramat Jati. Karena sekolah ini sudah lama berdiri sehingga masyarakat sekitar sangat mempercayai anak-anak mereka di didik di sekolah ini, dan juga pembiasaan akidah yang ditanamkan sejak kecil itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa mereka menyekolahkan anak mereka di MI Al-Ihsan Condet. Namun, sistem-sistem yang terdapat pada sekolah ini masih manual. Secara umum sekolah ini belum menggunakan teknologi informasi komputer dengan maksimal. Masalah-masalah yang sering terjadi pada sekolah ini yaitu pada pendataan siswa dan sistem pembayaran sekolah yang masih dilakukan secara manual, dan bukti pembayaran berupa kartu spp dan kwitansi masih ditulis secara manual sehingga terkadang rekapan data pembayaran tersebut hilang. Selain itu terjadi kesulitan dalam membuat laporan pembukuan karena data pembayaran disimpan dalam file yang berbeda-beda sehingga terjadi kehilangan pada laporan-laporan transaksi. Berdasarkan masalah yang terjadi peneliti berupaya merancang Sistem Informasi Pembayaran Sekolah Pada Madrasah Ibtidaiyah Al Ihsan Condet Berbasis Java untuk memudahkan dalam hal pendataan siswa, proses pembayaran dan pembuatan laporan yang telah tersusun rapi dalam database.

Keywords


Sistem Informasi; Pembayaran Sekolah; MI Al-Ihsan Condet

Full Text:

PDF

References


Al-Bahra Bin Ladjamudin. (2013). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Bank Indonesia. (2020). Sistem Pembayaran & Pengelolaan Uang Rupiah. In Bank Indonesia.

Fatta, H. A., & Robert Marco ( 2015). Analisis Pengembangan Dan Perancangan Sistem Informasi Akademik Smart Berbasis Cloud Computing Pada Sekolah Menengah Umum Negeri (SMUN) Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Telematika Vol 8 No. 2, Agustus 2015.

Haryanto, Bambang. (2013) .”Esensi-esensi Bahasa Pemrograman Java”. Yogyakarta: Andi Offset

Hutahaean, J. (2014). Konsep Sistem Informasi 1st ed., Yogyakarta: Deepublish.Jakarta: Erlangga.

Indriwati, Erwin. (2014). Perancangan Sistem Informasi Transaksi Pembayaran Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) Di SMKN 1 Badegan. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Nugroho, Adi. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak Berbasis Objek dengan Metode USDP. Yogyakarta: Andi.

Nugroho, Bunafit. 2013. Dasar Pemrograman Web PHP-MySQL dengan Dreamweaver. Yogyakarta: Gava Media.

Nurdiyanti, Y. (2018). PEMBAYARAN SPP DENGAN SYSTEM INFORMASI MANAJEMEN SEKOLAH: STUDI PADA MADRASYAH ALIYAH YPP BABAKAN JAMANIS. Journal of Management Review, 2(1). https://doi.org/10.25157/jmr.v2i1.1120.

Sofiani. (2014).Sistem Informasi Pembayaran SPP pada SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Skripsi. STMIK Akakom Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v5i1.4994

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: