Perancangan Sistem Informasi Pengadaan Umum dan Jasa Konstruksi di PT Arata Arga Prima

Muhammad Irvan Fadhilah

Abstract


Pada umumnya masalah yang dihadapi oleh industri yaitu pengolahan data yang sudah terkomputerisasi namun tidak terintegrasi database. Salah satu industrinya yaitu PT Arata Arga Prima dalam menjalankan bisnis pengadaan umum dan jasa konstruksi menggunakan cara input manual data supplier sehingga memungkinkan terjadinya kesalahan pada proses permintaan barang. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk memudahkan proses pengelolaan data dan tercipta laporan lebih akurat dan terstruktur lebih baik sesuai yang diharapkan, dengan menggunakan sistem komputerisasi yang sudah terintegrasi dalam suatu database. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode research & development yaitu suatu metode penelitian dengan mempelajari temuan penelitian yang berkaitan dengan kondisi dan kebutuhan yang akan dikembangkan, menetapkan konsep, membuktikan teori, mengembangkan produk dan merevisinya untuk memperbaiki kekurangan yang ditemukan dalam tahap mengajukan pengujian, sedangkan pengembangan sistem menggunakan metode waterfall. Hasil dari penelitian ini adalah berupa Sistem Informasi Pengadaan Umum dan Jasa Konstruksi di PT Arata Arga Prima yang dapat mempermudah operasional perusahaan dan meningkatkan kinerja karyawan.


Keywords


Sistem Informasi; Pengadaan Umum dan Jasa Konstruksi; Java; MySQL

Full Text:

PDF

References


Alda, M. (2021). Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek. Bandung: Media Sains Indonesia.

Asta, V. A. (2014). Sistem Informasi Penjualan, Pembelian dan Persediaan Stok Barang pada PT. Sumber Rezeki. Jurnal Teknik Informatika, 4(2).

Cahyadi, A. (2019). Perancangan Sistem Aplikasi Penyewaan Alat Pesta di Fuad Alat Pesta. Universitas Indraprasta PGRI.

Fadhallah, R. A. (2021). Wawancara. Jakarta: UNJ PRESS.

Haqi, B., & Setiawan, H. S. (2019). Aplikasi Absensi Dosen dengan Java dan Smartphone sebagai Barcode Reader. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Irwan, D. (2019). Ini Alasan Kenapa Database Perusahaan Penting! Retrieved from https://bahasan.id/ini-alasan-kenapa-database-perusahaan-penting/

Ni’matuzahroh, & Prasetyaningrum, S. (2018). Observasi: Teori Dan Aplikasi Dalam Psikologi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Raharjana, I. K. (2017). Pengembangan Sistem Informasi Menggunakan Metode Agile. Yogyakarta: Deepublish.

Sari, T. A. R., Wiguna, D., & Sutrisno. (2021). Sistem Aplikasi Dekstop Pengolahan Data Stok Barang Pada CV Ridho Fishing. Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 2(1).

Triandini, E., & Suardika, I. G. (2021). Step By Step Desain Proyek Menggunakan UML. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v3i03.4990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: