Perancangan Sistem Informasi Toko Kue pada Dee Cemilin Jakarta Timur Berbasis Java

Mochamad Fadly Pangestu, Alusyanti Primawati

Abstract


Perkembangan teknologi pada zaman ini sudah sangat pesat, sudah banyak teknologi canggih yang telah diterapkan bahkan sekarangpun banyak yang sedang mengembangkanya. Ketika teknologi sudah semakin maju, ada beberapa kalangan yang masih tertinggal dalam pengembangan teknologi salah satunya sistem informasi toko kue di Dee Cemilin. Saat ini masih menggunakan microsoft excel, dalam proses pengolahan data masih manual. Untuk membantu dalam proses pengolahan data pada Dee Cemilin, maka peneliti berkeinginan membuat sebuah sistem informasi pengolahan data pada Dee Cemilin yang sudah terkomputerisasi. Karena dengan dibuat nya sistem informasi dapat membantu proses pengolahan data di Dee Cemilin ini. Manfaat bagi Dee Cemilin ketika menggunakan sistem informasi toko kue yang terkomputerisasi dapat mempercepat proses pendataan, proses penjualan, proses pembelian dan proses laporan yang dapat mengurangi resiko kesalahan dalam proses pengolahan data sehingga tidak tercecer data-data karena tersimpan pada database. Aplikasi yang peneliti buat sangat mudah digunakan, dan dalam pengoprasiannya tidak sulit.


Keywords


Sistem Informasi; Toko Kue; Java

Full Text:

PDF

References


Canggih, P. (2021). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Pada Toko Buah Hasroni Berbasis Web. Seminar Nasional Riset Dan Teknologi, 3(1), 526–530.

Deddy Ackbar Rianto, Setiawan Assegaf, E. F. (2015). Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Goeografis (SIG) Lokasi Minimarket Di Kota Jambi Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Media SISFO, Vol.9 No.2, 296.

Dedy Rahman Prehanto, S.Kom., M. K. (2020). Konsep Sistem Informasi. (M. K. I Kadek Dwi Nuryana, S.T., Ed.). SCOPINDO.

Enterprise, J. (2015). Mengenal Java dan Database dengan Netbeans. PT Elex Media Komputindo.

Nazir, M. (2013). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Permatasari, A. (n.d.). Rancangan Sistem Informasi Penjualan pada Toko Kue, (9), 31–43.

Rifhal Adriansyah. (2020). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Pada Toko Udin Makasar. Jurnal Fasilkom, 10(3), 277–281. https://doi.org/10.37859/jf.v10i3.2282

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Wongso, F. (2016). Perancangan Sistem Pencatatan Pajak Reklame Pada Dinas Pendapatan Kota Pekanbaru Dengan Metode Visual Basic. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, Vol. 14, N, 163.

Yuwanda, I. P. (2016). Tugas Akhir Sistem Informasi Penjualan Barang Toko the Secret Home Surabaya Irenne Prasitya Yuwanda Program Studi D3 Sistem Informasi Departemen Teknik Fakultas Vokasi Universitas Airlangga 2016.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v3i02.4982

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: