Perancangan Sistem Informasi Inventory Barang pada CV Makmur Rejeki Rangkasbitung Berbasis Java Netbeans

Ferry Setiawan

Abstract


Pada saat ini beberapa perusahaan kecil seperti CV di Indonesia ini tidak banyak memiliki sistem yang menyediakan informasi inventory alat atau barang. Keadaan ini kurang efektif sehingga dibutuhkan sebuah sistem yang mampu mengatasi keadaan tersebut. CV Makmur Rejeki Rangkasbitung salah satunya yang telah berhasil menjalin kerjasama dengan beberapa supplier dan mitra yang saling mengisi penambahan stok barang didalam gudang perusahaan, barang gudang tersebut yang nantinya akan dijual langsung kepada customer ataupun mitra. Dalam mengelola data supplier, data mitra, data customer, dan data stok barang pada gudang sering kali mengalami masalah seperti data supplier, data mitra, data customer, dan data barang yang tidak terdata dengan baik, masih lamban dan kurang efektifnya dalam pengolahan dan pencarian stok barang pada gudang. Maka, rumusan masalah yang ada yaitu seperti cara mengelola data inventory barang di CV Makmur Rejeki Rangkasbitung agar lebih efisien dan terkomputerisasi, cara mengatasi pendataan serta transaksi barang masuk dan barang keluar agar lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan petugas gudang dalam proses pendataan, serta memudahkan pengontrolan setiap barang masuk dan barang keluar. Oleh karena itu, peneliti membuat sebuah sistem yang dapat melakukan pengelolaan inventory barang pada gudang CV Makmur Rejeki Rangkasbitung secara terkomputerisasi.

Keywords


Sistem Informasi Inventori; Barang; Gudang; Berbasis Java

Full Text:

PDF

References


Agus Ristono. (2013). Manajemen Persediaan. Penerbit Graha Ilmu.

Eddy Herjanto. (2010). Manajemen Operasi Edisi Revisi. Gramedia.

Eko Priyo Utomo. (2013). Cara Cepat dan Mudah Belajar Java SE7. Yogyakarta: Andi.

H.M Alan Jayaatmaja. (2010). Akutansi Biaya. Universitas Widyatama.

Kristanto, A. (2013). Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Gava Media.

Pressman, R. S. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi (Buku Satu). Yogyakarta: Andi.

Poerwanta, R. (2013). Perancangan Sistem Inventory Spare Parts Mobil Pada CV . Auto Parts Toyota Berbasis Aplikasi Java. Jurnal TEKNOIF, 1, 1–5.

Rahmad, M. B., & Setiady, T. (2014). Perancangan Sistem Informasi Inventory Spare Part Elektronik Berbasis Web Php. Jurnal Sarjana Teknik Informatika, 2, 256–265.

Sukamto, R.A., & Shalahuddin, M. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Sutabri, T. (2012). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v3i03.4972

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: