Perancangan Sistem Informasi Simpan Pinjam pada Koperasi Karyawan Transportasi Bajaj di Menteng Atas Jakata Selatan

Indah Rachmawati, Tri Hadi Kusmanto, Endaryono Endaryono

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai peneliti ialah untuk membangun aplikasi desktop yang dapat membantu dalam mengelola data peminjaman dan pembayaran sehingga tidak adanya lagi sistem pembukuan manual di sehingga dapat memaksimalkan pelayanan kepada karyawan dan mempermudah dalam mendata simpan pinjam selama ini mempunyai sistem informasi masih dalam bentuk manual sehingga memperlambat dalam proses pendataan, maupun penghasilan keluar dan masuk. Selain itu penyimpanan datanya masih dalam bentuk berkas-berkas sehingga memperlambat dalam pengaksesan datanya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang memfokuskan pada kegiatan-kegiatan mengidentifikasi, mendokumentasi, dan mengetahui dengan interprestasi secara mendalam gejala-gejala nilai, makna, keyakinan, pildran, dan karakteristik umum seseorang atau kelompok masyarakat tentang peristiwa-peristiwa kehidupan. Hasil dari penelitian ini berupa perangkat lunak yang berfungsi untuk mengolah data pelanggan untuk suatu kebijakan tertentu. Aplikasi yang dibuat adalah aplikasi berbasis Java. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa Java, sebagai bahasa pemrogramannya dan MySQL sebagai database.


Keywords


simpan pinjam; koperasi; java

Full Text:

PDF

References


Adi Nugroho. (2011). "Perancangan dan Implementasi Sistem Basis Data”. Yogyakarta : Andi.

Agustina, M., Rismawati, N., & Acep, A. (2020). Perancangan Sistem Informasi Simpan Pinjam di Koperasi Karyawan Indomobil MT Haryono. . . Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 1(01).

Andi, K. (2011). Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Gava Media.

Fitrah, M., & L. (2017). Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.

Herdiansah, A., Handayani, T., Hariyani, N., & Nugroho, T. (2020). Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam Studi Kasus Koperasi Kodanua Serang. JIKA (Jurnal Informatika), 4(1).

Nofriadi. (2015). Java Fundamental dengan Netbeans 8.0.2. Yogyakarta : CV BUDI UTAMA.

Nurrohman, N., Raharjo, R. A., & Puspitasari, A. C. D. D. (2021). Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam Pada PT Meiwa Indonesia Berbasis Java. Innovation in Research of Informatics (INNOVATICS), 2(2).

Raharjo, B. (2011). Belajar Otodidak Membuat Database Menggunakan MySQL. Informatika: Bandung.

Rosa A. S. dan M. Shalahuddin. (2013). “Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek”. Bandung : Informatika, 2013.

Suyanto. (2015). Pemrogaman Java: Pengenalan Java. Jurnal Komputer.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v4i01.4971

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: