Perancangan Aplikasi Perpustakaan di SMK Negeri 10 Bekasi Berbasis Java Netbeans

Ahmad Sopian, Abdurahman Abdurahman, Ade Lukman Nulhakim

Abstract


Perpustakaan di sekolah-sekolah memilliki peranan yang sangat penting.  Terdapat beberapa perpustakaan yang masih memiliki kekurangan dalam pengelolaannya, salah satunya pada perpustakaan SMK Negeri 10 Kota Bekasi. Pada perpustakaan sekolah tersebut masih menggunakan sistem manual yaitu dengan menggunakan buku induk catatan secara tertulis sehingga pendataan anggota dan pendataan buku pada perpustakaan  SMK Negeri 10 Kota Bekasi masih belum terdata secara menyeluruh dengan baik. Proses pencarian buku serta proses transaksi peminjaman  dan pengembalian buku masih manual serta membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga menyebabkan antrian dalam proses tersebut. Dalam pembuatan laporan masih menggunakan pencatatan dengan merekap data-data yang sudah ada, sehingga adanya  resiko kehilangan data karena kerusakan pada penyimpanan data dalam buku induk dapat terjadi. Tujuan dari penelitian ini yaitu merancang sebuah aplikasi perpustakaan yang terkomputerisasi. Dalam perancangan aplikasi perpustakaan pada SMK Negeri 10 Kota Bekasi ini menggunakan metode waterfall dengan menggunakan aplikasi java netbeans sebagai alat bantu pembuatan sistem informasi perpustakaan tersebut. Dari hasil penelitian diketahui bahwa aplikasi ini dapat membantu dan memudahkan petugas perpustakaan dalam proses pendataan anggota,  proses pendataan buku, proses transaksi peminjaman dan pengembalian buku serta proses pembuatan laporan.


Keywords


Java; Netbeans; PHPMyAdmin; Aplikasi Perpustakaan; Sistem Informasi

Full Text:

PDF

References


A.S., Rosa dan Shalahuddin, M. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika.

Al-Bahra Bin Ladjamudin. (2013). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Darmawan, Deni. (2013). Sistem Informasi Manajemen. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Hariyanto. (2014). Permasalahan Bahasa Pemrograman Java. Bandung : Informatika Bambang.

Jogiyanto. (2012). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Andi.

Kristanto, Andri. (2018). Perancangan Sistem Infromasi dan Aplikasinya. Yogyakarta : Grava Media.

Nugroho. (2013). Mengenal XAMPP Awal. Yogyakarta : MediaKom.

Rifki, Rio. (2012). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan SMA Negeri 2 Krakatau Steel Cilegon. Jakarta: Sistem Informasi.

Sukamto, R. A., dan Shalahudin, M. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Tata Sutabri. (2012). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi.

Yakub. (2012). Pengantar Sistem Informasi. Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v4i04.4947

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: