Perancangan Aplikasi E-Material pada PT Telkominfra Berbasis Android

AchReza Reza Safwan, Rudi Prasetya, Syamsiah Syamsiah

Abstract


Dalam industri yang semakin pesat perkembangannya sejalan dengan perkembangan teknologi informasi, proses keluar masuknya material perlu adanya catatan, ini diperuntukkan untuk mempermudah para pekerja dan perusahaan dalam mengontrol stok material baik material keluar dan material masuk. Dalam penggunaan data fisik terdapat banyak kasus adanya data yang hilang, proses pencatatan ganda dan lumayan memakan waktu bagi para pekerja. Ketika tersedapat masalah seperti ini, akan berdampak pada perusahaan tersebut. Peneliti membuat aplikasi bagaimana para pekerja dapat dengan mudah memproses pekerjaannya dalam mencatat material yang masuk maupun keluar ke gudang. Aplikasi ini dibuat dengan tujuan membantu pekerja dalam melakukan pencatatan pergerakan material secara cepat, sehingga pekerja dapat menangani dengan cepat ketika adanya suatu perubahan data maupun kesalah dalam proses pencatatan. Dalam perancangan aplikasi ini, metode yang digunakan oleh peleiti adalah metode Grounded Research yaitu metode penelitian berdasarkan fakta, pengumpulan data, studi Pustaka dan observvasi. Dengan metode pengembangan sistem yang digunakan adalah model sistem Waterfall. Setelah peneliti membuat perancangan aplikasi e-material pada PT Telkominfra berbasis android, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa program ini dapat mempermudah dalam proses pekerjaan dalam hal pendataan material.


Keywords


Android; Aplikasi; Mobile; Inventory

Full Text:

PDF

References


Athoillah Muhammad. 2017. “Perancangan Sistem Informasi Mobil Berbasis Android Untuk Kontrol Persediaan Barang Digudang.” SAINS DAN SENI POMITS 1:1–6.

Dewi, Nur’aini Ratna. 2020. “Penerapan Metode Studi Kasus Yin Dalam Penelitian Arsitektur Dan Perilaku.” INERSIA XVI(1).

Dodi, Triwibowo. 2018. “Pembuatan Aplikasi Terintegrasi, Pendataan Barang Di Gudang Berbasis Android.” Teknologi Dan Sistem Komputer 3:320–34.

Fauzi, Siregar Helmi. 2018. “Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia.” Jurnal Teknologi Informasi 2.

Kholik, Hidayatulloh. 2020. “Perancangan Aplikasi Pengolahan Data Dana Sehat Pada Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Metro.” Jurnal Mahasiswa Ilmu Komputer 1:18–22.

Neyfa, Chintya Bella. 2016. “Perancangan Aplikasi E-Canteen Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Object Oriented Analysis & Design (OOAD ).” Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik 20:83–91.

Nurmalasari. 2019. “Rancang Banun Sistem Informasi Akuntansi Laporan Laba Rugi Berbasis Web Para PT United Tractors Pontianak.” Jurnal Sains Dan Manajemen 2:6–14.

Okkita, Rizan. 2016. “Rancangan Aplikasi Monitoring Kamera CCTV Untuk Perangkat Mobile Berbasis Android.” Jurnal Teknologi Informatika Dan Komputer 3.

Syahrul, Mauluddin. 2017. “Sistem Informasi Persediaan Dan Penjualan Barang Berbasis Desktop Di D-Net House.” SAINTIKS FTIK UNIKOM 1(1).

Telkominfra. 2017. “Sejarah Telkominfra.” Telkominfra 1. Retrieved (http://telkominfra.co.id/id/).




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v4i01.4914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: