Rancang Bangun Aplikasi Sistem Transaksi Perawatan Motor pada Mora Oil Berbasis Java

Mochamad Arfian Syaputra, Ahmad Suryadi, Ari Irawan

Abstract


Bengkel “Mora Oil” adalah bengkel yang sama dengan bengkel resmi yang sudah ada pada saat ini, baik dari segi pelayanan maupun perawatan pada kendaran bermotor. Tujuan penelitian adalah merancang suatu aplikasi sistem transaksi perawatan motor di Bengkel Mora Oil dengan berbasis java agar dapat mempermudah proses kegiatan bengkel dalam pengolahan data, transaksi penjualan dan pembelian, serta pembuatan laporan yang diharapkan dapat lebih cepat dan tepat. Metode penelitian yang digunakan untuk merancang sistem informasi ini adalah dengan metode Research and Development (R&D) yang berarti suatu metode yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu yang melalui berbagai tahapan dan pengujian. Pada penelitian ini produk yang dihasilkan yaitu berupa sebuah aplikasi sistem transaksi perawatan motor. Untuk metode pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Dari hasil penelitian dan merancang aplikasi sistem transaksi penjualan ini, dapat disimpulkan aplikasi yang dibangun adalah aplikasi sistem transaksi yang mencakup proses input data, proses transaksi, dan proses pembuatan laporan. Dengan dibuatnya aplikasi sistem transaksi perawatan motor pada Mora Oil diharapkan sistem lama secara konvensional menjadi sistem komputerisasi yang dapat membantu dan membuat kinerja karyawan menjadi lebih maksimal.


Keywords


Rancang; Bangun; Sistem; Transaksi; Perawatan; Motor; Bengkel

Full Text:

PDF

References


Azhar, S. (2013). Sistem Informasi Akuntansi. Bandung: Lingga Jaya.

Azon, R. T. (2019). Sistem Informasi Service Motor dan Penjualan Sparepart pada Bengkel Yamaha Hoya Motor. Klaten: Universitas Widya Dharma.

Chan, S. (2017). Membuat Aplikasi Database dengan PowerBuilder 12.6 dan MySQL. Jakarta: PT Elek Media Komputindo.

Fauzy, D. A. (2020). Aplikasi Bengkel Motor Dengan Sistem Pakar Menggunakan Metode Forward Chaining. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 9(1), 89. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v9i1.783

Rianto, D. A. (2015). Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Geografis (Sig) Lokasi Minimarket Di Kota Jambi Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Media SISFO, 9(2), 295–304. http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/mediasisfo/ article/view/204

Rinawati, D. ., & Dewi, N. . (2014). Analisa Penerapan Total Productive Maintenance Menggunakan Overall Equipment Effectiveness Dan Six Big Losses Pada Mesin Cavitec. PT Essentra Surabaya.

Romney, M. B., & Steinbart, P. J. (2017). Accounting Information System Pearson Education Limited. Jakarta: Salemba Empat.

Samsudin. (2013). Perancangan Sistem Informasi Service Sepeda Motor Pada Prima Service Tembilahan. 3, 17–31. https://doi.org/doi.org/10.32520/stmsi.v3i4.183

Sommerville, I. (2011). Software Engineering (9th Edition). USA: Pearson Education.

Sugiarti, Y. (2018). Dasar-Dasar Pemrograman Java Netbeans: Database UML dan Interface. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Truna, K. (2017). Sistem Informasi Jasa Service Motor dan Penjualan Sparepart di PT.Yamaha MM Soreang Bebasis Web. Bandung: Universitas Komputer Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v4i01.4814

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: