Rancangan Aplikasi Simpan Pinjam Untuk USPK Keluarga Besar RT 012 RW 02 Kelurahan Kalisari

Nurul Khoirunnisa, Ega Shela Marsiani, Hanggono Arie Prabowo

Abstract


USPK atau Usaha Simpan Pinjam Keluarga adalah salah satu bidang usaha yang dibangun oleh Ketua RT 012 yang mempunyai kegiatan utama adalah menyediakan jasa simpan pinjam kepada warga dengan tujuan untuk membantu anggota dan warga lain yang membutuhkan biaya mendesak. Pada faktanya USPK masih mengalami banyak masalah yaitu sistem yang berjalan dilakukan dengan cara manual, hal ini mengakibatkan proses yang dilakukan menjadi kurang maksimal. Sesuai dengan masalah yang terjadi, maka terbentuklah rumusan masalah yang peneliti jelaskan adalah merancang aplikasi simpan pinjam secara komputerisasi, membuat database untuk menyimpan semua data agar tidak tercecer maupun rusak serta memberi kemudahan kepada admin untuk melakukan pekerjaannya. Adapun tujuannya untuk merancang, mengembangkan dan membuat aplikasi simpan pinjam yang sedang berjalan ke dalam sebuah aplikasi dengan menggunakan database MySQL.  Metodologi  yang digunakan dalam perancangan aplikasi simpan pinjam ini adalah metode kuantitatif. Selain itu, peneliti juga melakukan penelitian dengan metode pengumpulan data yang meliputi studi lapangan dan studi kepustakaan. Dalam proses pengembangan sistem peneliti menggunakan metode waterfall. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah mempermudah pihak perusahaan dalam proses penginputan data dengan cara mengimplementasikan rancangan aplikasi yang terkomputerisasi, sehingga dapat mengurangi faktor kesalahan manusia dan permasalahan dalam proses pengelolaan data simpan pinjam dapat teratasi.


Keywords


Perancangan; Aplikasi; Simpan Pinjam; Java; Xampp

Full Text:

PDF

References


A. Agustina, M. Rismawati, N. (2020). Perancangan Sistem Informasi Simpan Pinjam di Koperasi Karyawan MT Haryono Berbasis Java. JRAMI (Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika), Vol 1 No 1.

Ahmadian, H. dkk. (2017). Mahir Pemrograman Visual Dengan Java. Unimal Press.

Anggraeni, N. Kurniawati, R. Retnadi, E. (2012). Perancangan Sistem Informasi Simpan Pinjam di KUD Mandiri Bayongbong. Jurnal Algoritma, Vol 9 No 5.

Asropudin. (2013). Kamus Teknologi Informasi Komunikasi. CV Titian Ilmu.

Darmadi, H. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Alfabeta.

Enterprise, J. (2015). Pengenalan Pemrograman Komputer. PT Elex Media Komputindo.

Fathansyah. (2012). Basis Data. Informatika.

Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.

Rosa, A. S., & Shalahuddin, M. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Informatika.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & B. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v3i04.4778

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: