Aplikasi Ensiklopedia Pengenalan Tata Surya Berbasis Android

Alfian Ramadhan, Mercy Hermawati, Ari Irawan

Abstract


Lambatnya perkembangan ilmu astronomi di indonesia karena minimnya informasi tentang benda langit dan tata surya, sehingga mengakibatkan kurangnya sumber daya manusia pada bidang tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperkenalkan ilmu astrnomi tentang tata surya melalui aplikasi berbasis android dengan harapan banyaknya masyarakat yang teredukasi mengenai ilmu astronomi mempelajari benda-benda langit dan sistem tata surya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah grounded research yaitu berdasarkan fakta, menetapkan konsep, membuktikan teori, mengembangkan teori, pengumpulan data dan analisis data dalam waktu bersamaan. Dengan metode pengembangan sistem menggunakan metode waterfall. Setelah dilakukan penelitian serta pembuatan aplikasi pengenalan tata surya, dapat disimpulkan aplikasi ini dapat digunakan dengan mudah oleh user dalam pencarian informasi seputar benda langit dan tata surya. Sehingga dapat membantu untuk mengedukasi anak agar dapat lebih mengenal apa yang ada diluar angkasa.


Keywords


Tata Surya; Ensiklopedia; Android

Full Text:

PDF

References


Arifitama, B. (2015). Pengembangan Alat Peraga Pengenalan Tata Surya Bima Sakti Menggunakan Augmented Reality di PAUD. Sisfo, 05(04), 446–453. https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2015.09.006

Fitria, D., & Septiana, A. (2016). Perancangan Animasi Interaktif Pengenalan Tata Surya Untuk Siswa Sekolah Berbasis Android. Sniptek 2016 Isbn : 978-602-72850-3-3, 1, 303–308. https://konferensi.nusamandiri.ac.id/proceeding/index.php/sniptek/article/view/113/113.

Maulani, G. A. F. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Ensiklopedia Digital Tentang Tata Surya Berbasis Mobile Menggunakan J2ME. 2(September), 11–16.

Nugraha, B. S., & Hidayat, I. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Interaktif "Sistem Tata Surya” Untuk Kelas VI Sekolah Dasar. INFOS Journal, 1(3), 1–6.

Paksi, R. F., Rosyidi, R., & Jahir, A. (2014). Rancang Bangun Media Pengenalan Susunan Tata Surya. Telematika, 7(2), 52–59. http://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/telematika/article/view/249/224

Retnoningsih, E. (2016). Metode Pembelajaran Pengenalan Tata Surya Pada Sekolah Dasar Berbasis Computer Based Instruction (CBI). Bina Insani Ict Journal, 3(1), 194–204.

Santi, H. F., & Astuti, I. A. (2020). Pembuatan Prototype Aplikasi Game Edukasi Sistem Tata Surya Untuk Siswa Sekolah Dasar. Journal of Information System Management (JOISM), 1(2), 6–10. https://doi.org/10.24076/joism.2020v1i2.25

Syahrudin, M., & Kencanawaty, G. (2021). Aplikasi Belajar Anak pada TK Islam Syauqi Berbasis Android. Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika(JRAMI), 02(03), 514–520.

Syamsiah. (2019). Perancangan Flowchart dan Pseudocode Pembelajaran Mengenal Angka dengan Animasi untuk Anak PAUD Rambutan. STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 4(1), 86–93. https://doi.org/10.30998/string.v4i1.3623

Utomo, F. B., Butar-butar, F. T. S., & Solihah, A. (2021). Perancangan Aplikasi Pengenalan Cerita dan Doa Nabi Berbasis Android. 02(03), 397–404.

Yasa, A. D., Nita, C. I. R., & Putri, A. M. I. (2020). Pengembangan Ensiklopedia Tata Surya Berbasis Pendekatan Inkuiri untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. BADA’A : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 137–146. https://doi.org/10.37216/badaa.v2i2.388




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v4i01.4675

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: