Sistem Informasi Suggestion System pada PT Astra Otoparts Tbk Berbasis Java

Anwar Sanusi, Rahnita Nuzulah, Wahyu Nur Cholifah

Abstract


PT. Astra Otoparts, Tbk sangat mengandalkan perkembangan teknologi untuk mengembangkan bisnisnya, salah satunya melalui sumbangsih pemikiran dari para karyawan yang telah melahirkan inovasi yaitu suggestion system, yang sangat berpengaruh terhadap kemajuan perusahaan. Namun, sayangnya saat ini perusahaan tersebut masih mengalami kesulitan dalam hal proses dan pengelolaan data suggestion system, kendala yang dialami antara lain dalam pengolahan data suggestion system belum maksimal, dalam proses pengajuan dan pengolahan laporan yang kurang cepat dan akurat. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan solusi masalah yang berkaitan dengan sistem informasi suggestion system pada PT. Astra Otoparts, Tbk Divisi Retail Shop And Drive. Metode penelitian yang digunakan dalam perancangan aplikasi ini adalah metode penelitian dan pengembangan dengan teknik kualitatif (grounded research). Pada metode ini data-data yang diberikan PT. Astra Otoparts, Tbk dikumpulkan dengan metode wawancara langsung kepada manajer HR perusahaan. Tidak hanya wawancara, juga dilakukan observasi di PT. Astra Otoparts, Tbk. Perancangan sistem informasi yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman Java Script, antar muka aplikasi dikembangkan dari Framework Netbeans IDE 8.2 dan sebagai databasenya adalah MySQL. Hasil akhir yang dicapai pada sistem informasi suggestion system mempunyai kelebihan yaitu memudahkan user untuk melakukan aktivitas suggestion system dan pengolahan data yang digunakan dan memperoleh laporan informasi yang cepat dan akurat.


Keywords


Information System; Suggestion System; Java

Full Text:

PDF

References


Amirudin dan Dewi Masruroh, P. (2020). Implementasi Konsep Kaizen Dalam Meningkatkan. 18(1).

Asriyanik, A. (2016). Penilaian Keamanan Sistem Informasi Akademik Universitas Muhammadiyah Sukabumi Dengan Menggunakan ISO 27001. SANTIKA (Jurnal Ilmiah Sains Dan Teknologi), 6(2), 501–506.

Atmaji, L., & Rahardjo, M. (2011). Pengaruh Stres Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Perawat Studi pada Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Universitas Diponegoro.

Hardiansyah, A. D., Nugrahaeni, D. C., Dewi, P., & Kom, M. (2020). Perancangan Basis Data Sistem Informasi Perwira Tugas Belajar (Sipatubel) Pada Kementerian Pertahanan. Senamika, 1(2), 222–233. https://conference.upnvj.ac.id/index.php/senamika/article/view/529

I Putu Agus Eka Pratama. (2014). Sistem Informasi dan Implementasinya: Teori & Konsep Sistem Informasi Disertasi Berbagai Contoh Praktiknya Menggunakan Perangkat Lunak Open Source. Informatika.

Indrajani, S. (2014). Database System Case Study All In One. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Manalu, E. S. M. (2019). Aplikasi Pengolahan Data Penjualan Dan Pembelian Serta Stok Barang Pada Kedaung Tabletop Plaza Palembang Berbasis Website. Politeknik Negeri Sriwijaya.

Muzakki, M. H., Susilo, H., & Yuniarto, S. R. (2016). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT. TELKOM Pusat Divisi Regional V Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 39(2), 169–175.

Nangka, J., Barat, T., & Selatan, J. (2021). Implementasi Firebase Realtime Database Pada Aplikasi Integrated Perpustakaan Smk Prestasi Prima. 283–288.

Pahlevi, S. M. (2013). Tujuh Langkah Praktis Pembangunan Basis Data. Elex Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v3i01.4659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: