Perancangan Sistem Informasi Penjualan Barang Pada Toko Mainanku Menggunakan Java Netbeans

Andry Nurcahyo, Vici Febriana, Siti Ayu Kumala

Abstract


Perusahaan dagang dapat didefinisikan sebagai organisasi yang bergerak dalam bidang pembelian dan penjualan barang. Persediaan pada barang merupakan unsur terpenting dalam perusahaan dagang yang secara berlanjut diperoleh dan dijual Kembali. Pada toko Mainanku banyak memiliki permasalahan yang belum bisa diatasi seperti tidak adanya sistem yang terintegrasi perihal transaksi pembelian dan penjualan barang serta tidak ada kesesuaian dalam pelaporan transaksi. Oleh karena itu, dari latar belakang tersebut dapat dirumuskan suatu permasalahan bagaimana merancang sistem informasi yang terintegrasi agar proses transaksi , serta pelaporan dapat berjalan secara efektif dan efisien. Tujuan daripada penelitian ini untuk mendeskripsikan permasalahan yang ada pada toko Mainanku, mengukur efektifitas dan efisiensi dalam proses transaksi penjualan dan pembelian serta mengidentifikasi permasalahan untuk mengatasi terjadinya proses pelaporan yang tidak sesuai. Metode yang digunakan metode research and development (R&D). Hasil dari penelitian yaitu terciptanya sistem yang terintegrasi untuk transaksi penjualan dan pembelian, serta dalam proses pelaporan dapat dilakukan dengan baik dan sesui dengan kebutuhan


Keywords


transaksi; research and development (R&D); perusahaan dagang; pembelian; penjualan

Full Text:

PDF

References


Agus Eka, P. (2014). Sistem Informasi dan Implementasinya. Informatika Bandung.

Fadillah, Y., & Supriatno. (2017). Sistem Informasi Penjualan Produk Krupuk Berbasis Web Responsive (Studi Kasus : UD. Sumber Makmur). Jurnal Sistem Informasi , Teknologi Informatika Dan Komputer, 8, 31.

Fauzi, Wulandari, & Aprilia, S. (2015). Sistem Informasi Penjualan Produk Berbasis Web Pada Chanel Distro Pringsewu. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 4.

Haymans, M. A. (2011). Restrukturisasi Perusahaan: Merger, Akuisisi, dan Konsolidasi, serta Pembiayaannya. PT Adler Manurung Press.

Leny Sulistiyowati. (2010). Panduan Praktis Memahami Analisis Laporan Keuangan. Elex Media Komputindo.

Mulyani, S. (2017). Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Abdi Sistematika.

Saryono. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. PT ASIfabeta.

Sudaryono, & Rahwanto, E. (2020). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web pada PT. Inter Aneka Plasindo. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Wiratna, S. V. (2016). Pengantar Akuntasi. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v4i01.4646

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: