Aplikasi Pendataan Keuangan Siswa Berbasis Java pada SMP Kemala Bhayangkari 2 Pasar Minggu

Dhani Fahreza, Aan Risdiana, Acep Acep

Abstract


SMP Kemala Bhayangkari 2 Pasar Minggu merupakan salah satu elemen pendidikan yang tidak hanya melakukan kegiatan belajar mengajar saja, namun sekaligus untuk mencoba membangun sebuah sistem administrasi secara komputerisasi. Pada saat ini sistem yang ada di SMP Kemala Bhayangkari 2 Pasar Minggu masih menggunakan cara konvensional dalam pembuatan proses dan laporan pembayaran. Data yang diolah rentan terjadi kesalahan dalam proses pengolahannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat sebuah sistem informasi yang mempermudah pekerjaan bendahara pada SMP Kemala Bhayangkari 2 Pasar Minggu sehingga dapat dikerjakan secara lebih efektif dan cepat. Maka dari itu dengan adanya sistem aplikasi yang terkomputerisasi diharapkan dapat membuat sistem pembayaran lebih efisien dan cepat dibandingkan dengan sebelumnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi yang dilakukan di SMP Kemala Bhayangkari 2 Pasar Minggu, serta studi pustaka dengan mempelajari beberapa referensi untuk menyelesaikan penelitian. Hasil dari sistem informasi pendataan biaya pendidikan yang diusulkan peneliti ini, dapat membantu proses pendataan dan pembuatan laporan pembayaran menjadi lebih mudah, efisien dan akurat.


Keywords


Sistem; Pendataan Biaya Pendidikan; SPP; Java NetBeans

Full Text:

PDF

References


Arief M, R. (2011). Pemrograman Web Dinamis menggunakan PHP dan MySQL. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.

Fitriastuti, D. (2019). Perancangan Sistem Informasi Pembayaran Spp Berbasis Website Menggunakan Metode Waterfall (Study Kasus Di Smk Negeri 1 Jamblang).

Gunawan, E. (2020). Sistem Pembayaran Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan ( Spp ) Pada Madrasah Aliyah Darul M a ’ Arif Jakarta Berbasis Netbeans. 396–401.

Hutahean, J. (2015). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish.

Ramadhan, D. (2020). Perancangan Sistem Aplikasi Pembayaran pada SMPI Al-Hasyimiyah Berbasis Java Netbeans. Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 1(03), 341–346. https://doi.org/10.30998/j rami.v1i03.350

Rizal, W. M., Bustanul, N., & Hutajulu, B. M. W. (2021). PERANCANGAN APLIKASI ADMINISTRASI SISWA PADA SMK Al-MUHAJIRIN DI DEPOK BERBASIS JAVA NETBEANS. JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Komputer, 11(2), 25. https://doi.org/10.24853/justit.11.2.25-31

Sukamto, R. A. dan Shalahuddin, M.. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak (II). Bandung: Informatika.

Sutabri, T. (2012). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Winni Fitri Wulan Sari. (2017). Perancangan Sistem Informasi Pembayaran SPP Pada SMA Kemala Bhayangkari Kubu Raya. AMIK BSI Pontianak.

Yakub. (2012). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v3i04.4516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: