Perancangan Sistem Informasi Rental Kamera Berbasis Java Netbeans di Jepret Blur Depok

David Kurniawan, Tuti Handayani, Halimatus Sa’diah

Abstract


Perkembangan ilmu dan teknologi pada saat ini berkembang pesat dan merambah ke berbagai bidang dalam kehidupan. Adanya perkembangan ilmu dan teknologi ini, manusia dituntut untuk mengerjakan segala sesuatu pekerjaan dengan sistem terkomputerisasi. Tujuanpenelitian ini adalah untuk mengetahui sistem seperti apa yang digunakan dalam proses penerapan sistem pelayanan penyewaan untuk diterapkan pada Jepret Blur Fotografi. Selain itu peneliti berharap para pembaca dapat memahami penggunaan aplikasi, khususnya aplikasi pemesanan jasa rental kamera yang dirancang. Metode penelitian yang digunakan ialah studi lapangan, dan studi pustaka. Di mana studi lapangan dilakukan dengan metode observasi, kuisioner dan wawancara terhadap pihak Jepret Blur Fotografi guna mengetahui apa saja yang menjadi kendala dan kebutuhan user. Untuk studi pustaka dimana informasi diperoleh dari buku-buku ilmiah dan sumber tertulis baik cetak maupun elektronik. Selama penelitian, peneliti menemukan bahwa pada bagian admin rental kamera yang menangani pemesanan masih dilakukan secara manual sehingga data yang telah dimasukan seringkali tercecer dan kurang lengkap, setelah melakukan penelitian, peneliti memberikan kesimpulan bahwa diperlukannya sistem yang terkomputerisasi sehingga dapat membantu pekerjaan pada bagian admin. Peneliti mencoba membuat rancangan sistem penyewaan dan pembayaran, dan pengembalian serta laporan data, dengan menggunakan bahasa pemrograman Java.


Keywords


Penyewaan; Aplikasi; Rental Kamera

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, E. Y. & Irviani, R. (2017). Pengantar Sistem Informasi. 1 penyunt. Yogyakarta: Andi.

Ardiana, Heni. (2018). Perancangan Sistem Aplikasi Penyewaan Bus Pariwisata Berbasis Java Pada PT Djess Berkah Wisata. website: http://jim.unindra.ac.id/index.php/jrami/article/view/1120.

Asropudin, P. (2013). Kamus Teknologi Informasi Komunikasi. Bandung: CV. Titian Ilmu.

Kadir, Abdul. (2014). Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.Rusdi. (2018). Perancangan mesinmesin industri. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Kurnia, Tri Septa. (2017). SISTEM INFORMASI RENTAL MOBIL CALYSTA BERBASIS WEB, from STMIK AKAKOM Yogyakarta.

Nofriadi. (2015). Java Fundamental dengan Netbeans 8.0.2. Yogyakarta: Deepublish.

Shalahuddin, M. (2013). UML (Unified Modeling Language) Pengenalan. Yogyakarta: Andi Offset.

Sholeh, Arief Muhammad. (2016). APLIKASI SISTEM INFORMASI PADA RENTAL VIDEO GAME JAYA TRUCUK KLATEN, from Universitas Widya Dharma.

Sukamto, R.A. & Shalahuddin, M. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Pressman, R.S. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I. Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v5i3.4461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: