Perancangan Sistem Informasi Asset IT Pada PT Probindo Artika Jaya Berbasis Desktop

Selvia Zahara Shalihah, Rudi Prasetya, Syamsiah Syamsiah

Abstract


Teknologi informasi telah memasuki hampir semua bidang pekerjaan manusia. Sama hal nya dengan, sistem informasi data asset merupakan suatu sistem untuk melakukan proses pendataan barang pada suatu tempat. Sistem seperti ini tentunya sudah banyak digunakan pada setiap perusahaan dalam mengelola data barang yang ada pada perusahaan. Tetapi sangat disayangkan pada PT Probindo Artika Jaya saat ini belum terdapat sistem pendataan barang secara komputerisasi, melainkan pendataan dilakukan secara input manual melalui online sheet atau sharing drive. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk merancang serta membangun sebuah sistem yakni sistem informasi asset IT pada PT Probindo Artika Jaya dengan harapan pendataan dapat lebih efektif dan efisien dalam pengolahan data serta, memberikan kemudahan dalam proses pembuatan laporan dan memberikan kecepatan dalam pembuatan laporan. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif yaitu dengan pengamatan langsung ke tempat penelitian, melakukan wawancara, analisa kebutuhan, melakukan perancangan lalu mendokumentasikan hasil penelitian serta data yang dibutuhkan. Dari hasil analisa kebutuhan diperlukan solusi untuk menyelesaikan masalah berikut yaitu proses pendataan barang yang ada pada saat ini. Oleh karena itu, peneliti akan membangun sistem untuk mengintegrasikan data barang secara valid fisik maupun secara data. Sistem ini dibuat dengan menggunakan Java Desktop dan Database MySQL.


Keywords


Perancangan; Sistem Informasi; Asset IT; Java Desktop; MySQL

Full Text:

PDF

References


Arief Wijaya. (2018). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Aset TIK Pada SDN Bedahan 01. Perancangan Sistem Informasi Manajemen Aset TIK Pada SDN Bedahan 01.

Jogiyanto. (2010). Analisis dan Desain Sistem Infoemasi Edisi IV. Andi Offset.

Mohamed Zied, Q. (2008). Towards An Approach To Select An Asset Information Management Strategy dalam International Journal Of Computer Science And Applications.

Raharjo, B. (2011). Belajar Otodidak Membuat Database Menggunakan MySQL. Informatika.

Ridwan Firdaus. (2019). Sistem Informasi Monitoring Progress Project Pada PT Cand@haar. Sistem Informasi Monitoring Progress Project Pada PT Cand@haar.

Shalahudin M, S. R. . (2014). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Informatika Bandung.

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. ALFABETA.

Sutarman. (2012). Pengantar Tekhnologi Informasi. Bumi Aksara.

Tata Sutabri. (2012). Konsep Sistem Informasi. Andi.

Taufik, H. (2015). "ERD (Entity Relationship Diagram)” [online]. 23 Juni. http://www.ttaufikhidayat.com/berita64- ERD%28Entity-Relationship-Diagram%29.html

Y, B. (2012). A Simulation Model For The Waterfall Software Development Life Cycle. International Journal of Engineering & Technology (iJET).




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v4i02.4421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: