Perancangan Sistem Aplikasi Penjualan Aquascape pada Toko Astek Aquarium Bogor

Alda Alfianti, Abdul Mufti, Ana Rusmardiana

Abstract


Toko Astek Aquarium Bogor adalah sebuah toko yang menyediakan perlengkapan aquascape. Toko Astek Aquarium masih menggunakan sistem manual dalam menjalankan usahanya, seperti beberapa proses transaksi yang masih dilakukan secara tulis tangan sehingga rentan dalam kesalahan perhitungan dan memakan waktu yang cukup lama, ketersediaan stok barang yang juga masih dilakukan dengan tulis tangan yang sewaktu-waktu bisa terjadi kehilangan daftar catatan, serta proses monitoring pendapatan yang masih kurang efektif. Rumusan masalah yang dapat peneliti jelaskan adalah merancang dan mendesain Sistem Aplikasi Penjualan yang sesuai dengan kebutuhan pada Toko Astek Aquarium, memonitoring dan mengolah data karyawan, transaksi penjualan, stok barang, dan laporan dari seluruh data agar dapat mengoptimalisasi kinerja toko. Adapun tujuan penelitian yaitu untuk merancang sistem aplikasi penjualan yang mudah dimengerti dan mudah digunakan sebagai pengolahan data pada Toko Astek Aquarium yang dapat meminimalisir kendala-kendala dan keterlambatan data yang diakibatkan oleh human error dengan menggunakan bahasa pemrograman Java dan database MySQL. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam Perancangan Sistem Aplikasi Penjualan Aquascape pada Toko Astek Aquarium adalah metode Research and Development (R&D) yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji ke efektifan produk tersebut. Sehingga peneliti dapat mengambil kesimpulan dari hasil penelitian bahwa pihak toko dapat dipermudah dalam melaksanakan proses penjualan barang dengan mengimplementasikan aplikasi yang telah terkomputerisasi serta dirancang dan dibangun dengan tersistem dan terstruktur sehingga meningkatkan keefektifan kinerja toko.


Keywords


Aplikasi Penjualan; Aquarium; Aquascape; Java; Pengembangan Sistem

Full Text:

PDF

References


Argi, S. T. (2020). Sistem Informasi Penjualan Motor Secara Tunai pada Yamaha Victory Depok Berbasis Java. Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 1(2), 1-10. http://jim.unindra.ac.id/index.php/jrami/article/view/291.

Ari, Y. S. (2015). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Aquascape Berdasar Object Oriented pada Toko Aqua Channel Kediri. Artikel Skripsi, Universitas Nusantara Persatuan Guru Republik Indonesia Kediri, 1-16.

https://adoc.pub/rancang-bangun-sistem-informasi-penjualan-aquascape-berdasar.html.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fajri, A. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Barang Berbasis Java Programming. SIMTIKA, 2(1), 1-10. https://ejournal.undhari.ac.id/index.php/simtika/article/view/20/12.

Mauli, S. T. (2012). Aplikasi Penjualan Berbasis Java di Toko Lestari Jaya Bantul. Artikel Skripsi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Amikom Yogyakarta, 1-19. https://repository.amikom.ac.id/files/Naskah_publikasi%2008.12.3259.pdf

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Tandika, A. (2020). Aquascape. Retrieved March 20, 2021, from Suryawiki.tribunnews.com: https://suryawiki.tribunnews.com/2020/10/31/aquascape.

Trisya, I. (2019). Retrieved April 2, 2021, from kompasiana.com: www.kompasiana.com/amp/putraimanuel/5d87ac37097f36447541e2b2/bercocok-tanam-dalam-air-dengan-aquascape.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v4i02.4397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: