Sistem Informasi Pendataan Donatur dan Penyaluran Donasi Menggunakan Java pada Komunitas Rodalangit

Rozaliana Rozaliana, Imam Sunoto, Siwi Puji Astuti

Abstract


Sistem Donasi merupakan sistem informasi yang menginput data donasi para muzaki dan data mustahik yang telah menerima bantuan donasi pada Komunitas Rodalangit. Pada umumnya sistem donasi ini banyak digunakan pada setiap lembaga/instansi/komunitas yang mengelola dana sosial, karena Komunitas Rodalangit belum menggunakan sistem donasi yang baik maka dari itu peneliti akan merancang sistem donasi yang membantu memudahkan muzaki berdonasi dan memberikan penyaluran donasi kepada mustahik dengan tepat sasaran. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dimana peneliti melakukan pengamatan langsung, melakukan wawancara, analisa kebutuhan dan melakukan perancangan dengan melengkapi data-data yang dibutuhkan. Dari hasil analisa kebutuhan diperlukan solusi untuk menyelesaikan beberapa masalah yaitu pendataan data muzaki dan data mustahik, proses transaksi donasi dan pelaporan donasi masuk dan keluar yang saat ini masih bersifat manual sehingga memakan waktu cukup lama dan dengan dirancangnya sistem ini untuk menghindari kesalahan atau kehilangan data yang terlalu banyak. Adapun tujuan penelitan ini adalah meningkatkan kinerja kerja relawan atau admin yang bertugas dalam penginputan, transaksi dan pelaporan donasi yang di kelola. Hasil penelitian ini adalah dibangunnya sistem terkomputerisasi untuk relawan, donatur dan mustahik sebagai penerima manfaatnya agar memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam berdonasi dan sistem penyalurannya sehingga dengan adanya sistem ini pun pekerjaan menjadi efektif dan efisien.


Keywords


muzaki; mustahik; donasi; rodalangit; sistem

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Dewi Rizki (2019). Rancang Bangun Aplikasi Donasi Berbasis Website Pada Bsmi Cabang Surabaya. Teknik dan Informatika. STIKOM Surabaya.

Ashari, Ardianto. (2014). Sistem Informasi Pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) Pada Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pacitan. 03. 03.

Feryani, Fitri (2016). Aplikasi Dobaskin ( Donasi Bantuan Kemiskinan) Kota Palembang Berbasis Android. Sistem Informasi. STMIK Palcomtech.

Kristanto, V. H. (2018). Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Saldana., Miles & Huberman. 2014. Qualitative Data Analysis. America: SAGE Publications

Shelly, Garry B., Harry J. Rosenblatt (2014). Systems Analysis and Design. Edisi ke-9. Boston: Nelson Education.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukrianto, Darmanta (2017). Penerapan Teknologi Barcode Pada Pengolahan Data Pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (Spp) Vol.1 No.2, Oktober 2017 – ISSN. 2549-0222.

Valacich, Joseph S., Joey F. George (2017). Modern Systems Analysis and Design. Edisi ke-8. New Jersey: Pearson Education.

Yusuf, A. M. (2014). Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v4i02.4394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: