Rancangan Sistem Aplikasi Inventori Berbasis Java pada SMA Yapemri Depok

Ayu Puspita Irianti, Arif Susanto, Sri Melati Sagita

Abstract


Inventori barang dalam sebuah usaha menjadi hal yang penting bagi suatu perusahaan, lembaga, ataupun sekolah, karena dari inventori tersebut bisa mengelola stok barang di gudang yang nantinya akan dijual ke konsumen ataupun diganti dengan yang baru. Pada proses pengolahan data sistem inventori di SMA Yapemri yang masih belum menggunakan sistem yang terkomputerisasi dalam pendataan stok inventori masih dilakukan secara manual dengan mencatat dibuku tulis atau membuat laporan sementara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat rancangan aplikasi dengan Java NetBeans yang dipergunakan untuk mengolah data barang seperti penginputan data barang masuk, data barang keluar, stok barang, pencarian data barang dan laporan-laporan lainnya. Dengan tujuan mempermudah para kader sekolah dalam mengolah data-data tersebut karena sudah tersimpan di database MySQL dengan rapih, teratur, dan aman. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif karena metode ini mempunyai tujuan memperoleh informasi dengan membuat gambaran atau deskripsi tentang apa yang ada dan sedang terjadi. Kesimpulan dari penelitian ini, dengan adanya sistem pendataan inventori yang terkomputerisasi, dapat mempermudah petugas pendata dalam memperoleh informasi stok barang. Maka petugas dapat dengan mudah melaporkan data kondisi barang, data barang masuk dan keluar sehingga tidak akan terjadi salah dalam penghitungan ketersediaan stok barang.

Kata Kunci: Perancangan, Sistem, Inventori, Sekolah


Full Text:

PDF

References


Bari, A., & Kasmawi, K. (2016). SISTEM INFORMASI MANAJEMEN INVENTORY SECARA ONLINE MENGGUNAKAN FRAMEWORK EasyUI. INOVTEK Polbeng - Seri Informatika, 1(1), 78. https://doi.org/10.35314/isi.v1i1.141

Damayanti, dkk. (2013). ANALISIS DAN PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA Pendahuluan Landasan Teori Pembahasan. Jurnal Ilmiah DASI, 14(04), 31–36.

Hasanudin, M. (2018). RANCANG DAN BANGUN SISTEM INFORMASI INVENTORI BARANG BERBASIS WEB (STUDI KASUS PT. NUSANTARA SEJAHTERA RAYA). Jurnal IKRA-ITH Informatika, Vol 2 No 3, 24–37.

Sari, Ani Oktarini & Elan Nuari. (2017). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BARANG BERBASIS WEB DENGAN METODE FAST(FRAMEWORK FOR THE APPLICATIONS). Jurnal PILAR Nusa Mandiri, Vol. 13, N, 261–266.

Sholikhin, Akhmad & Beliana Kusuma Riasti. (2013). PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI INVENTARISASI SEKOLAH PADA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN REMBANG BERBASIS WEB. Indonesian Jurnal on Networking and Security (IJNS) - ijns.org, Volume 2 N, 50–57.

Siregar, V. M. M. (2018). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BARANG PADA SEKOLAH SMA NEGERI 4 PEMATANGSIANTAR. IT Journal Research and development, vol.3 no.1, 54–61.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v1i04.427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: