Perancangan Sistem Informasi Penjualan Alat Gunung pada Wigote Adventure Lifestyle

Akbar Nugraha

Abstract


Wigote Adventure Lifestyle adalah salah satu toko yang bergerak dibidang penjualan peralatan gunung. Dalam pengolahan data penjualan masih dilakukan secara manual, sistem yang belum terkomputerisasi tersebut banyak dampak yang dirasakan oleh pihak pegawai, diantaranya sering terjadi kesalahan dalam proses penginputan data penjualan, kurang efektif dan efisien dalam stok barang, kesalahan dalam pencatatan proses penjualan, serta tidak efisienya laporan data penjualan. Dari semua dampak yang terjadi membuat pihak toko ingin mengubah sistem manual yang ada dengan sistem komputerisasi. Aplikasi ini dibuat guna mambentu kinerja pegawai dalam hal pengolahan data penjualan sehingga lebih efektif dan efisien. Metode penelitian yang digunakan adalah metode graunded research yaitu suatu metode penelitian berdasarkan pada fakta dan menggunakan analisis perbandingan dengan tujuan mengadakan generalisasi empiris menetapkan konsep, membuktikan teori, mengembangkan teori, pengumpulan dan analisis data dalam waktu yang bersamaan. Tujuan Penelitian adalah untuk meningkatkan efisiensi kinerja pegawai agar pelayanan lebih cepat dalam melayani konsumen, Menjadi efisien dalam waktu pekerjaan seluruh staff, serta mengurangi faktor kesalahan manusia. Kesimpulaan dari penelitian ini adalah dengan sistem informasi penjualan alat gunung yang terkomputerisasi dapat memberikan kemudahan untuk pihak toko dalam mengelolah data penjualan menjadi lebih akurat, efisian dan cepat serta mempermudah dalam pembuatan laporan. Sehingga, dapat mempermudah pegawai dan kasir dalam melakukan proses transaksi penjualan, menjadi lebih efektif dan efisien serta data barang tersusun rapi dalam database.


Keywords


Sistem Informasi; Penjualan; Alat Gunung

Full Text:

PDF

References


Ansirwan, Thomson Mary, I. (2020). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Barang Pada Toko Bangunan MR Berbasis Desktop. E-Tech, Volume 08(ISSN: 2541-3600), 1–7.

Arifin. (2011). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Dadan Zaliluddin, R. (2018). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEB (STUDI KASUS PADA NEWBIESTORE). Infotech Journal, Volume 4 N(ISSN : 2460-1861), 24–27.

Denny Rusdianto, S.T., M.Kom, Y. satia. (n.d.). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN DI TOKO TANAKA OPTIKAL BANDUN. Jurnal Sistem Informasi, J-SIKA, Volume 01(ISSN: 2716-4195), 16–26.

Febrianti, D. S., Suminten, & Sriyadi. (n.d.). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN TANAMAN PADA KOPERASI KEMIMA (KELUARGA MITRA MANUNGGAL) TANGERANG SELATAN. Jurnal PROSISKO, Vol. 8 No.(e-ISSN: 2597-9922 p-ISSN: 2406-7733), 33–40.

Huzaefah, A. H. (n.d.). APLIKASI SISTEM INFORMASI PENJUALAN PERLENGKAPAN GUNUNG BERBASIS WEB ( STUDI KASUS DI MEDITERANIAN OUTDOOR ). JUKOMIKA - (JURNAL ILMU KOMPUTER DAN INFORMATIKA), Volume 2(Issue 5,P-ISSN: 2655-755X), 210–215.

Ladjamudin, A.-B. Bin. (2013). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarata: Graha Ilmu.

Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing.

Subagyo, P. J. (2011). Metodologi Penelitian Dalam Teori Dan Praktek. Jakarta: Aneka Cipta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D. Bnadung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v3i02.4166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: