Perancangan Aplikasi Pembelajaran Tiga Bahasa Indonesia–Sunda Inggris dilengkapi Kamus Berbasis Android

Darul Fallah Nursyahbani, Fiqih Ismawan, Agus Wilson

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk merancang program aplikasi kamus digital Indonesia – Inggris - Sunda yang dapat membantu pengguna dalam menerjemahkan bahasa Indonesia – Inggris – Sunda dengan mudah kapan saja dan dimana saja. Hal ini diharapkan dapat menjadi alat bantu di dalam dunia pendidikan khususnya, dan diharapkan dapat membantu bagi semua masyarakat umumnya. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Systems Development Life Cycle (SDLC) yaitu proses pembuatan dan pengubahan sistem serta model dan metodologi yang digunakan untuk mengembangkan sistem. Tahapan yang peneliti lakukan untuk melakukan proses pembangunan aplikasi tersebut meliputi tahapan analisis permasalahan dan kebutuhan, perancangan aplikasi dan desain antar muka aplikasi, sehingga aplikasi yang terbentuk menjadi mudah untuk digunakan dan memiliki fungsi yang optimal dalam menterjemahkan bahasa.


Keywords


Kamus;Bahasa;Android

Full Text:

PDF

References


Agustav, Michael.(2016). Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Jepang Untuk Pemula Dengan Metode User Centered Design Berbasis Android. Vol. 5, No. 1 - November 2016.

Anni, Catharina Tri dan Rifa’i, Achmad. (2010). Psikologi Pendidikan. Batang : Pusat Pengembangan MKU/MKDK-LP3 Universitas negeri Semarang.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Indiana, B. D., & Ramadhani, I. (2019). Aplikasi Pembelajaran Bahasa Jawa Berbasis Android. CAHAYAtech, 8(1), 40. https://doi.org/10.47047/ct.v8i1.18

Nafiudin. (2019). Sistem informasi manajemen. Surabaya: Qiara Media.

Prakarsya, A. (2019). Perangkat Lunak Permainan Untuk Mendeteksi Dominasi Perkembangan Otak Kanan Dan Otak Kiri Pada Anak Usia 4-5 Tahun Berbasis Android. In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya (Vol. 1, pp. 127-134)

Safaat,Nazruddin h. (2012). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC berbasis android, Cetakan Pertama, Edisi Revisi. Bandung: Informatika

Sardiarinto, S., Sari, A. B. P., Iswahyuni, D., Andriani, A., Saputro, E., & Rapiyanta, P. T. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Android bagi Guru SDIT Anak Sholeh. Bianglala Informatika, 9(2), 90–94. https://doi.org/10.31294/bi.v9i2.10772

Supardi. (2013). Aplikasi statistika dalam penelitian konsep statistika yang lebih komprehensif. Jakarta: Change Publication

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukma, Dadan. Aplikasi Pembelajaran Tiga Bahasa (Indonesian- English-German) Berbasis Android. Vol.3, No. 2 - Desember 2016.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v4i01.3895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: