Sistem Informasi Manajemen Pekerjaan Karyawan pada PT Quadrant Synergy International

Abd Rohman, Nofita Rismawati, Muhammad Soleh Ritonga

Abstract


Sistem informasi manajemen merupakan suatu sistem yang diperlukan dalam sebuah organisasi demi menunjang suatu aktivitas kerja tetap terkontrol dan teratur dengan menyediakan setiap informasi yang dibutuhkan. PT Quadrant Synergy International merupakan perusahaan konsultan yang memiliki beberapa pelanggan yang telah mempercayai perusahaan dalam memberikan solusi dari setiap permasalahan pelanggannya. PT Quadrant Synergy International terdiri dari beberapa divisi yang saling terkait dan bekerja sama dalam menjalankan suatu pekerjaan. Setiap pelanggan memiliki 1 (satu) proyek atau lebih. Dalam sebuah proyek yang dikembangkan melibatkan beberapa divisi di dalamnya, diantaranya Project Management Officer, Developer dan bagian lainnya. Setiap karyawan dari bagian tersebut juga memungkinkan memegang beberapa proyek dalam waktu yang bersamaan. Semakin banyak pelanggan, semakin banyak juga proyek yang harus dipegang oleh setiap karyawan. Hal ini memerlukan konsentrasi tingkat tinggi serta manajemen yang baik demi menjaga kestabilan pekerjaan dan meminimalisir kesalahan. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan sebuah sistem yang terintegrasi dengan memenuhi segala kebutuhan karyawan sehingga membantu proses kerja dalam mengatur banyak pekerjaan dalam waktu yang bersamaan dan menciptakan sebuah informasi yang baik. Metode penelitian yang digunakan untuk membuat sistem informasi ini ada adalah metode Waterfall yang terdiri dari beberapa tahapan diantaranya analisis, desain, implementasi, pengujian dan pemeliharaan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi karyawan PT Quadrant Synergy International dalam melakukan setiap pekerjaan yang ada sehingga dapat terorganisir dengan baik sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan menjaga kualitas perusahaan.


Keywords


Sistem Informasi Manajemen; Java; UML; Waterfall

Full Text:

PDF

References


Ahmad, L., & Munawir. (2018). Sistem Informasi Manajemen : Buku Referensi. In Lembaga Komunitas Informasi Teknologi Acceh (KITA).

A.S, R., & Shalahuddin, M. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika. In Jurnal Pilar Nusa Mandiri.

Hamim, T. (2014). Analisis Serta Perancangan Sistem Informasi Melalui Pendekatan UML. Andi Offset, Yogyakarta.

Nugraha, F., Arifin, M., & Harjanto, A. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Proposal Kemahasiswaan. Jurnal Sistem Informasi & Manajemen Basis Data.

Pratama, I. putu agus eka. (2014). Sistem Informasi dan Implementasi. In sistem informasi dan implementasi.

Siahaan, D. (2012). Analisa kebutuhan dalam rekayasa perangkat lunak. Yogyakarta: Andi.

Utomo, P., Arifin, A., & Agustin, S. (2018). Perancangan Sistem Informasi Pencatatan Laporan Harian Komponen Rusak di PT Broco Mutiara Electrical Industry. Jurnal Sisfotek Global, 8(1).

Vikasari, C. (2018). Sistem Informasi Manajemen Pada Jasa Expedisi Pengiriman Barang Berbasis Web. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi). https://doi.org/10.35957/jatisi.v4i2.94

Widodo, P. P., & Prabowo, H. (2011). Menggunakan Uml. Bandung: Informatika, 19, 393–403.

Yudantoro, T. R., Suyanto, B., Chasanah, A. U., Elektro, J. T., & Semarang, P. N. (2017). Sistem Informasi Manajemen Toko Berbasis Web dengan Menggunakan Barcode Scanner untuk Entri Data. JTET (Jurnal Teknik Elektro Terapan).




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v5i1.3699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: