Sistem Aplikasi Pemesanan Catering pada Ibu Holipah

Akbar Kurniawan Abay, Rahnita Nuzulah, Aswin Saputra

Abstract


Teknologi Informasi berkembang sangat cepat belakangan ini. Selaras dengan hal itu, kebutuhan manusia pun semakin berkembang baik untuk kebutuhan pribadi maupun untuk keperluan peningkatan usaha. Bisnis catering pada umumnya adalah bisnis lokal yang melayani hanya pasar lokal yang masih bisa dengan mudah dijangkau melalui angkutan darat. Sistem order secara manual pada suatu industri food beverage dapat menimbulkan beberapa masalah. Catering Ibu Holipah mengalami masalah yang sering dihadapi yaitu ketika konsumen sudah memutuskan menu makanan dan minuman yang  ingin dipesan, pembeli harus  menunggu pelayan dalam mencatat pesanan atau mengambil daftar pesanan yang telah ditulis. Dengan demikian, dibuat sebuah aplikasi yang mewadahi pengelola catering Ibu Holipah dan konsumen untuk melakukan pemesanan lebih cepat. Dengan terciptanya sistem aplikasi tersebut, catering Ibu Holipah bisa melakukan tindakan  yang efisien untuk pemesanan dari konsumen. Dengan adanya sistem aplikasi yang berbasis Java dan Netbeans dapat menggantikan beberapa sistem manual menjadi sistem terkomputerisasi untuk pengumpulan data dan pembuatan laporan yang lebih efektif dan efisien terhadap catering Ibu Holipah.


Keywords


Pemesanan; Catering; Java; Netbeans

Full Text:

PDF

References


Binanto, Iwan. (2010). Multimedia Digital - Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Andi Publisher.

Caniati, N., Ghozal, A. L. & Sumarudin, A., 2017. Implementasi Sistem Informasi Pemesanan Menu Makanan Dan Minuman Pada Kafe Berbasis Web Menggunaka Jaringan Internet. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 3(2), pp. 8-13.

Hayat, C., 2017. IbM Industri Rumah Tangga Makanan Tradisional Pada Kelompok Usaha Di Wonosobo. UNES Journal of Community Service, 2(2), pp. 118-126.

Maryanto, A. & Kesuma, C., 2017. Sistem Informasi Pemesanan Makanan Dan Minuman Berbasis Web Pada Rumah Makan Gazebo Purwokerto. Indonesian Journal on Networking and Security, 6(4), pp. 1-8.

Nofriadi. (2015). Java Fundamental dengan Netbeans 8.0.2. Yogyakarta: DeepublishSaputri, Z. R., Oktavia, A. N., Ramdhani, L. S. & Suherman, A., 2019. Rancang Bangun Sistem Informasi Pemesanan Makanan Berbasis Web Pada Cafe Surabiku. Jurnal Teknologi dan Informasi, 9(1), pp. 66-77.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syani, M. & Werstantia, N., 2018. Perancangan Aplikasi Pemesanan Catering Berbasis Mobile Android. Jurnal Ilmiah Ilmu dan Teknologi Rekayasa, 2(1), pp. 109-117.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v2i04.3679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: