Perancangan Aplikasi Edukasi Nama Hewan dalam Bahasa Inggris Menggunakan Android

Hakim Nuryadin

Abstract


Pembelajaran dengan memanfaatkan smartphone pada anak-anak dapat menjadikan kegiatan belajar lebih menarik dan efisien, salah satunya adalah belajar bahasa inggris. Belajar bahasa inggris untuk anak-anak dapat membantu mereka beradaptasi dengan pesatnya kemajuan teknologi. Mengenalkan bahasa inggris dari hal yang paling dasar seperti nama-nama binatang diharapkan dapat menambah pengetahuan anak dalam massa tumbuh kembangnya. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sebuah aplikasi  edukasi nama-nama hewan dalam bahasa inggris yang dapat digunakan sebagai sarana belajar untuk anak-anak dengan basis sistem operasi Android. Metode yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini adalah SDLC (System Development Life Cycle), yang di dalamnya mencakup tahapan planning, analisys, design, implementation, testing, dan maintenance. Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya aplikasi edukasi nama hewan dalam bahasa inggris berbasis Android yang diharapkan nantinya dapat membantu anak-anak usia dini dalam belajar bahasa inggris dengan cara yang lebih menyenangkan.


Keywords


Aplikasi; Edukasi; Android

Full Text:

PDF

References


Abdul Kadir. (2012). Algoritma & Pemrograman Menggunakan C dan C++. CV Andi Offset.

Eko, S. (2012). Kamus Teknologi Informasi dan Komunikasi. PT Media., Aksarra Sinergi.

Fauzi, Ahmad Ismawan, Fiqih Djafar, H. I. (2020). Aplikasi Pengenalan Ragam Cabang Olahraga Berbasis Android. JRAMI, 01, 6.

Ladjamudin, A. Bin. (2013). Analisa Desain Sistem Infomasi. Graha Ilmu.

Nasution, P. S., Ismawan, F., & Heriyati. (2020). Aplikasi Pengenalan Jenis Sayur-Sayuran Berbasis Android. JRAMI, 01, 391–397.

Rosa, A. ., & Shalahuddin, M. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Informatika Bandung.

Safaat H, N. (2012). Android : Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android (Edisi Revisi). In Android. Informatika Bandung.

Suarga. (2012). Algoritma dan Pemrograman. Andi Offset.

Susana. (2013). Buku Pintar Bahasa Inggris SD Untuk Kelas 4, 5, dan 6. PT Wahyu Media.

Wen, W. (2019). Mengasah Kemampuan Membaca dan Menulis Bahasa Inggris Praktis, Volume 2. Willyam Wen.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v3i02.3638

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: