Rekayasa Perangkat Lunak Resep Kuliner Nusantara Berbasis Android

Shinta Sari Dewi

Abstract


Masakan Indonesia salah satu bentuk tradisi kuliner yang mencerminkan suatu keanekaragaman budaya yang ada di tanah Indonesia. Secara umum kuliner yang ada di nusantara memiliki cita rasa yang beragam dan kaya akan bumbu yang berasal dari rempah-rempah yang ada di bumi nusantara. Dengan berkembangnya teknologi, informasi dapat diakses dengan mudah saat ini. Begitu pula dengan informasi resep masakan. Sayangnya kebanyakan resep masakan yang beredar merupakan resep yang berasal dari mancanegara. Sehingga pengetahuan akan kuliner di tanah air sendiri semakin menghilang dan terlupakan. Oleh sebab ini peneliti ingin membuat sebuah aplikasi yang dapat memudahkan para pengguna untuk melihat resep masakan nusantara tanpa harus bersusah payah membawa buku resep kemana-mana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan sebuah media berupa aplikasi Android yang berisi katalog resep-resep masakan yang berasal dari penjuru Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah grounded research yaitu suatu metode penelitian berdasarkan pada fakta dan menggunakan analisis perbandingan dengan tujuan mengadakan generalisasi empiris, menetapkan konsep, membuktikan teori, mengembangkan teori, pengumpulan dan analisis data dalam waktu yang bersamaan. Dalam hal ini peneliti menarik kesimpulan bahwa hasil yang didapatkan peneliti adalah terciptanya sebuah aplikasi resep kuliner nusantara yang berbasis Android.

Kata kunci : Sistem Informasi, Resep Masakan, Android


Full Text:

PDF

References


Chandra, Y. I. (2016). Perancangan Aplikasi Resep Makanan Tradisional Indonesia Menggunakan Pendekatan Agile Process Dengan Model Extreme Programming Berbasis Android. Seminar Nasional APTIKOM.

Dian Anggraeni, R., & Kustijono, R. (2013). PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI FISIKA PADA MATERI CAHAYA DENGAN APLIKASI FLASH BERBASIS ANDROID. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA). https://doi.org/10.26740/jpfa.v3n1.p11-18

Rumbaugh, J. (2010). Unified Modeling Language (UML). In Encyclopedia of Software Engineering. https://doi.org/10.1081/e-ese-120044214

Sugiyono. (2014). Metode penelitian. Metode Penelitian.

Sutabri, T. (2012). Analisis Sistem Informasi. In Analisa Sistem Informasi.

Sutabri1, T., & Zaeni, F. (2013). PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI ENSIKLOPEDIA RESEP MASAKAN KHAS KUNINGAN JAWA BARAT BERBASIS ANDROID. Journal of Chemical Information and Modeling. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v1i03.363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: