Perancangan Sistem Aplikasi Penjualan Tiket Bus pada PO Antar Lintas Sumatera Berbasis Java

Nurmanto Nurmanto, Laksana Priyo Abadi, Agus Wilson

Abstract


Permasalahan dari sistem penjualan tiket bus di PO Antar Lintas Sumatera yaitu lambatnya pencarian pendataan penumpang, data bus, serta proses penjualan tiket bus yang diakibatkan karena sistem yang diterapkan masih bersifat manual dan belum terkomputerisasi. Dari persoalan tersebut, peneliti tertarik untuk mengembangkan sistem penjualan tiket bus di PO Antar Lintas Sumatera yang ada saat ini sehingga dapat mengatasi kekurangan-kekurangan yang ada. Seiring dengan semakin canggihnya teknologi yang berkembang, komputer telah mendorong terjadinya perubahan ilmu, baik dalam kajian ataupun implementasi dilapangan. Peran teknologi komputer sangat diperlukan oleh berbagai perusahaan. Mengingat kebutuhan akan peningkatan efisiensi dan efektifitas dari setiap kegiatan dalam instansi tidak dapat diukur dan dilakukan secara cepat dan akurat tanpa adanya dukungan teknologi tersebut. Akurasi data, kecepatan waktu dan relevansi menjadi penentu kualitas informasi yang dihasilkan. Dengan menggunakan metode pengembangan sistem yaitu Waterfall dalam penelitian ini adalah dengan tahapan-tahapan seperti rekayasa sistem, analisis, desain, coding, testing, dan maintenance. Hasil dari penelitian ini adalah menciptakan aplikasi untuk penjualan tiket bus yang efektif dan efisien.


Keywords


Sistem; Penjualan; Tiket; Bus; Java

Full Text:

PDF

References


Dwi, F., & Kusuma, C. (2014). Sistem Informasi Penjualan Tiket Bus Pada PO . Agra Mas Pacitan. IJNS - Indonesian Journal on Networking and Security.

Isnandi, & Wardati, I. U. (2014). Sistem Informasi Penjualan Tiket Pada Al Fath Tours Dan Travel Pacitan. Speed Journal - Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi.

Pahlevi, D. S. M. (2013). Tujuh Langkah Praktis Pembangunan Basis Data. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Perdana, P. (2019). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN TIKET BUS BERBASIS WEB. UBSI.

Satzinger, J. W., Jackson, R. B., Burd, S. D. (2011). System Analysis and Design in A Changing World. USA: Cengage Learning.

Shalahudin, A. . R. dan. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

simatupang julianto, sianturi setiawan. (2019). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN TIKET BUS PADA PO. HANDOYO BERBASIS ONLINE Julianto. Simatupang, Julianto Sianturi, Setiawan.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sukatmi, M. (2019). Membangun Aplikasi Pemesanan Tiket Bus Pada PO.Puspa Jaya Berbasis Android. Jurnal Cendikia.

Supriatna, A. D., & Rahman, A. (2015). Pembuatan Aplikasi Pengolahan Data Penjualan Tiket Untuk Unit Pelaksana Teknis Daerah Objekwisata Alam. Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Garut.

Sutabri, T. (2012). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v4i04.3607

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: