Perancangan Aplikasi Inventory Barang pada PT Kartika Graha Indonesia Berbasis Java Netbeans

Arini Dwi Pratiwi

Abstract


Sistem inventory adalah sebuah hal yang penting dalam suatu perusahaan, maka harus diatur secara efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa sistem yang sedang berjalan pada PT Kartika Graha Indonesia. Metode yang digunakan adalah grounded research yaitu metode penelitian berdasarkan pada fakta dan menggunakan analisis perbandingan bertujuan untuk mengadakan generalisasi empiris, menetapkan konsep-konsep, membuktikan teori, dan mengembangkan teori di mana pengumpulan data dan analisis data berjalan pada waktu yang bersamaan. Metode analisis dilakukan dengan observasi langsung di perusahaan, dokumentasi dengan mempelajari dokumen-dokumen yang ada, riset terhadap masalah, dan wawancara terhadap pihak terkait di perusahaan. Metode kepustakaan dilakukan dengan mencari informasi tambahan dari berbagai buku. Peneliti mendapatkan hasil penelitian bahwa sistem inventory barang bermanfaat bagi perusahaan. Adapun manfaat bagi perusahaan dalam kebutuhan persediaan barang yang ada. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan diterapkannya aplikasi sistem inventory barang pada perusahaan, menjadi lebih baik dan lebih terstruktur.

Kata Kunci: Aplikasi, Inventory, Java Netbeans


Full Text:

PDF

References


Hasanudin, M. (2018). Rancang Dan Bangun Sistem Informasi Inventori Barang Berbasis Web ( Studi Kasus Pt . Nusantara Sejahtera Raya ). Jurnal IKRA-ITH Informatika, 2(3), 24–37.

Ladjamudin, A.-B. (2015). Data Flow Diagram. Graha Ilmu.

Miftahul, H. (2010). Aplikasi inventory multi store plus management dengan java. Elex Media Komputrindo.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syarif, I., & Mustagfirin. (2018). Sistem Informasi Inventory Barang Pada Apotek Sultan Menggunakan Metode FIFO. Jurnal Ilmiah Cendekia Eksakta, 119–125.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v1i03.357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: