Perancangan Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman pada Rumah Makan Cepat Saji D’besto

Heri Setiawan, Wanti Rahayu, Indra Kurniawan

Abstract


Aplikasi pemesanan makanan dan minuman berbasis java diharapkan dapat membantu dalam pemesanan yang sebelumnya masih secara manual menjadi terkomputerisasi. Aplikasi pemesanan makanan dan minuman pada rumah makan cepat saji D’besto merupakan suatu sistem yang memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi pemesanan. Sehingga dapat mempermudah segala proses transaksi dalam pemesanan sehingga meminimalisir kesalahan dalam pencatatan data. Tujuan dalam pembuatan aplikasi pemesanan makanan dan minuman ini adalah dapat mempermudah pekerjaan dalam pencatatan dan pemesanan data ketersediaan menu data makanan dan minuman dan data penjualan agar pemesanan lebih mudah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode grounded (grounded research). Selain itu peneliti juga menggunakan metode wawancara, dan kepustakaan untuk mendapatkan data lebih lengkap. Alat bantu analisis yang digunakan yaitu Diagram Konteks, Data Flow Diagram (DFD), relasi tabel dan Entity Relationship Diagram (ERD). Perangkat lunak yang digunakan dengan bantuan Bahasa pemrograman Java dan MySql sebagai database management guna terciptanya aplikasi pemesanan makanan dan minuman pada rumah makan cepat saji D’besto berbasis java. Hasil dari penelitian ini yaitu aplikasi dapat memberikan kemudahan kasir dalam pemesanan, pengolahan data dan laporan penerimaan agar lebih tepat dan akurat.

Kata Kunci: Pemesanan Makanan dan Minuman, Java, Aplikasi Kasir


Full Text:

PDF

References


Adi, Sandi Pramono , Sudjalwo, Y. S. N. (2013). Perancangan sistem aplikasi penjualan toko komputer mascom berbasis desktop. Perancangan Sistem Aplikasi Penjualan Toko Komputer Mascom Berbasis Desktop.

Nugraha, A. P., Satoto, K. I., & Martono, K. T. (2014). Aplikasi Pemesanan Makanan Berbasis Mobile Pada Rumah Makan “Lek Nonong.” Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer. https://doi.org/10.14710/JTSISKOM.2.2.2014.175-180

Pressman. (2015). Library Binus. Software Engineering.

Rahmah, D. L. (2014). Perancangan Aplikasi Sisitem Perpustakaan Berbasis Web Pada PT. Dwi Pilar Pratama. Faktor Exacta.

Utama, D. (2016). Minuman Restaurant Berbasis Client Server Dengan P Latform Android. Jurnal Rekursif.

Utama, D., Johar, A., & Coastera, F. F. (2016). Aplikasi Pemesanan Makanan Dan Minuman Restaurant Berbasis Client Server Dengan Platform Android Dan PHP Menggunakan Metode Centralized DBMS Architecture (Studi Kasus: Cafe Cempakoe Kota Bengkulu). Jurnal Rekursif.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v1i03.356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: