Sistem Inventory Logistik pada Yayasan Sayangi Tunas Cilik

Yopi Herman, Za'imatun Niswati

Abstract


Pada era industri 4.0 ini dalam menghadapi persaingan global, perusahaan sangat membutuhkan peranan komputer dalam mengambil suatu keputusan untuk menyelesaikan masalah yang ada berdasarkan pada informasi yang akurat dan dapat dipercaya. Banyak cara yang ditempuh untuk memperbaiki sistem serta melengkapi kekurangan – kekurangan dan masalah – masalah yang selalu nampak pada setiap perkembangan di suatu instansi atau perusahaan. Oleh karena itu, diperlukan suatu  teknologi informasi yang cukup baik dan terintegrasi serta dapat dipertanggungjawabkan dalam upaya  menghimpun semua informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan demi kemajuan perusahaan tersebut. Terintegrasinya data dan informasi merupakan suatu masalah yang penting dalam manajemen suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi sistem informasi berbasis java netbeans pada yayasan sayangi tunas cilik sebagai media penyimpan data karyawan, barang, inventory, data departemen, data lokasi dan data peminjaman asset secara komputerisasi untuk mempercepat proses penyimpanan dan pencarian data. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunaan pendekatan RAD (Rapid Application Development) dengan tahapan seperti Requirements Planning (Perencanaan Syarat-Syarat), RAD Design Workshop (Workshop Desain RAD) dan Implementation (Implementasi). Hasil dari penelitian ini berupa sistem perancangan aplikasi inventory logistik yang diharapkan dapat memudahkan proses administrasi dalam melakukan kegiatan pendataan barang, logistik dan asset perusahaan.


Keywords


Application; Information System; Inventory; Java; Netbeans

Full Text:

PDF

References


Hasanudin, M. (2018). Rancang Dan Bangun Sistem Informasi Inventori Barang Berbasis Web ( Studi Kasus Pt . Nusantara Sejahtera Raya ). Jurnal IKRA-ITH Informatika, 2(3), 24–37.

Ismawan, F. (2018). IMPLEMENTASI KONSEP NO PROGRAMMING DALAM MEMBANGUN PERANGKAT LUNAK EMAIL BERBASIS ANDROID. Faktor Exacta, 11(3), 214–224. https://doi.org/10.30998/faktorexacta.v11i3.2744

Kendall, J. E., & Kendall, K. E. (n.d.). Analisis dan Perancangan Sistem. Jakarta: Indeks.

Kurniawan, D., & Utami, N. Y. (2014). Sistem Inventory Jurusan Ilmu Komputer di Universitas Lampung. Komputasi, 2, 18.

Marakas, G. M. (n.d.). System Analysis Design: an Active Approach. New York: Mc.Graw-Hill.

Mc. Leod, R. J. (n.d.). System Development: A Project Management Approach. New York: Leigh Publishing LLC.

Pressman, R. S. (n.d.). Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sriwana, I. K., Christia, M. L., Ellytasia, E., & Chandiawan, G. (2019). Perancangan Sistem Informasi Inventory Pt. Abc. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 6(1), 9–19. https://doi.org/10.24912/jitiuntar.v6i1.3019

Sutabri, T. (2012). Analisis Sistem Informasi. Analisa Sistem Informasi.

Zalukhu, S., & Handriani, I. (2019). Aplikasi Sistem Inventory ( Studi Kasus : Pt . Cakra Medika Utama ). Jsai, 2(1), 116–122.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v3i01.3048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: