Aplikasi Penilaian Kinerja Karyawan di PT Aero Globe Indonesia Menggunakan Java

Annisa Rahmah

Abstract


Permasalahan yang dialami oleh PT Aero Globe Indonesia dalam hal penilaian kinerja karyawan, yaitu proses pendataan dan penilaian serta pelaporannya masih bersifat manual. Hal tersebut membuat pembukuan mengalami keterlambatan dari pihak HRD perusahaan karena belum ada nya suatu sistem informasi dalam menangani permasalahan yanga ada saat ini. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode waterfall dalam penyelesaian permasalahan tersebut, dengan harapan metode ini menjadi suatu solusi langkah-langkah dalam penyelesaiain suatu sistem informasi yang akan dirancang. Metode waterfall dalam penelitian ini adalah dengan tahapan-tahapan seperti rekayasa sistem, analisis, desain, coding, testing, dan maintenance. Tujuan dari sistem penilaian kinerja karyawan ini dibuat untuk mengetahui bagaimana produktivitas kerja semua karyawan yang berada di lingkungan PT Aero Globe Indonesia dan dapat membantu HRD dalam memberikan keputusan SDM dengan memberikan data setiap karyawan secara berkala kepada pimpinan. Hasil dari penelitian ini dengan adanya aplikasi sistem penilaian kinerja karyawan yang terkomputerisasi dan tersimpannya suatu data dengan baik didalam database dapat menciptakan aplikasi untuk pendataan data karyawan, data penilaian kinerja karyawan serta pelaporan lebih akurat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dengan aplikasi yang diciptakan membuat seluruh elemen divisi khususnya admin dan HRD dapat meningkatkan performa kinerja nya dengan baik dan meminimalisir terjadi nya suatu kesalahan dalam proses pendataan serta penilaian kinerja karyawan didalam sistem.


Keywords


Application; Employee Performance; Java; MySQL

Full Text:

PDF

References


Ali, A. F. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Barang Berbasis Java Programming. Simtika.

Amalia, R. M., & Utami, D. Y. (2018). Pemberian Reward Berdasarkan Penilaian Kinerja Karyawan Dengan Metode Ahp Pada Pt. Anugerah Protecindo. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer).

Mahmudi, A. A. (2015). Sistem Informasi Penilaian Kinerja Dosen Dan Karyawan Berbasis Web. Surya Informatika.

Natanael, B., & Mulyono, H. (2017). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Penilaian Kinerja Karyawan Pada PT . BPR Universal Sentosa. Jurnal Manajemen Sistem Informasi.

Pahlevi, D. S. M. (2013). Tujuh Langkah Praktis Pembangunan Basis Data. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Saefudin, & Wahyuningsih, S. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penilaian Kinerja Pegawai Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) Pada RSUD Serang. Jurnal Sistem Informasi.

Satzinger, J. W., Jackson, R. B., Burd, S. D. (n.d.). System Analysis and Design in A Changing World. USA: Cengage Learning.

Setiobudi, E. (2017). Analisis Sistem Penilaian Kinerja Karyawan Studi pada PT. Tridharma Kencana. JABE (Journal of Applied Business and Economic). https://doi.org/10.30998/jabe.v3i3.1768

Shalahudin, A. . R. dan. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sutabri, T. (2012). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Tyoso, J. S. P. (2016). Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: DeePublish.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v3i01.3038

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: