Sistem Informasi Persediaan Bahan Bangunan pada Toko Nunut Mandiri Berbasis Java Netbeans

Maria Margaretha July Naer, Ika Mei Lina, Nur Alamsyah

Abstract


Kebutuhan informasi untuk saat ini semakin penting dan mendesak sejalan dengan arus perkembangan teknologi yang semakin maju. Banyak perusahaan berskala besar maupun kecil menggunakan komputer untuk mendukung kegiatan dalam perusahaannnya. Terutama teknologi komputer yang mendorong munculnya inovasi baru dalam penyajian informasi untuk memenuhi kebutuhan informasi. Toko Nunut Mandiri merupakan usaha dagang yang masih menggunakan sistem manual dalam pengolahan data, terutama pada pengolahan data persediaan barang sehingga memperlambat dalam proses pengolahan data dan pengontrolan persediaan barang. Maka tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa sistem yang sedang berjalan pada Toko Nunut Mandiri. Peneliti juga melakukan referensi dan berbagai diskusi serta berbagai media yang memuat informasi yang menyangkut dengan informasi yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah yang ada. Metodologi penelitian yang digunakan dalam sistem pengolahan data yaitu teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi, studi dokumentasi, serta melakukan penelitian kepustakaan yang relevan dengan masalah sistem-sistem informasi. Metode penelitian pengembangan Aplikasi yang digunakan menggunakan metode grounded (grounded research). Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan diterapkannya aplikasi sistem informasi yang terkomputerisasi pada perusahaan, dapat memberikan informasi yang lebih tepat, cepat, dan akurat.


Keywords


Sistem Informasi; Persediaan; Java Netbeans

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, E. Y., & Irviani, R. (2017). Pengantar Sistem Informa. In Cv. Andi Offset.

Hanif Al Fatta. (2017). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing - Hanif Al Fatta, Universitas Amikom - Google Buku. Andi.

Hutahean, J. (2015). Konsep Sistem Informasi - Jeperson Hutahaean. In Deepublish.

Kristanto, A. (2018). Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya (Edisi Revisi). In Gava Media. https://doi.org/10.1017 /CBO9781107415324.004

Pebrianto, A., Abdillah, R., & Valentino, V. H. (2020). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Donat pada PT King Alianz Donuts. Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 1(03), 424–429. https://doi.org/10.30998/jrami. v1i03.324

Romney, M. B., & Steinbart, P. J. (2015). Sistem Informasi Akuntansi, Edisi 13. Salemba Empat, Jakarta.

Sophian, S. (2014). Pengimplementasian Dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Dan Pengendalian Stok Barang Pada Toko Swastika Servis (SS). Jurnal Momentum.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukamto, & Salahuddin, M. (2015). Shalahuddin, M. Rosa A.S 2015. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. In Informatika Bandung.

Tamodia, W. (2013). Evaluasi Penerapan Sistem Pengendalian Intern Untuk Persediaan Barang Dagangan Pada Pt. Laris Manis Utama Cabang Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v3i04.2780

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: