Sistem Informasi Penjualan Mebeul CV Mandiri Furniture Berbasis Java

Wahyu Indriyanto, Laksana Priyo Abadi, Adhityo Kuncoro

Abstract


Permasalahan dari sistem penjualan mebeul di CV Mandiri Furniture yaitu lambatnya pencarian pendataan barang, data customer, serta proses laporan stok barang dan proses penjualan yang diakibatkan karena sistem yang diterapkan masih bersifat manual dan belum terkomputerisasi. Seiring dengan semakin canggihnya teknologi yang berkembang, komputer telah mendorong terjadinya perubahan ilmu, baik dalam kajian ataupun implementasi dilapangan. Peran teknologi komputer sangat diperlukan oleh berbagai perusahaan. Mengingat kebutuhan akan peningkatan efisiensi dan efektifitas dari setiap kegiatan dalam instansi tidak dapat diukur dan dilakukan secara cepat dan akurat tanpa adanya dukungan teknologi tersebut. Akurasi data, kecepatan waktu dan relevansi menjadi penentu kualitas informasi yang dihasilkan. Tujuan dari sistem ini untuk mempercepat dalam pencarian data barang, data customer, serta proses laporan stok barang dan laporan penjualan. Dengan menggunakan metode pengembangan sistem yaitu Waterfall dalam penelitian ini adalah dengan tahapan-tahapan seperti rekayasa sistem, analisis, desain, coding, testing, dan maintenance. Hasil dari penelitian ini adalah menciptakan aplikasi untuk penjualan mebel yang efektif dan efisien.

Kata Kunci: Sistem informasi, Penjualan, Mebel, Java


Full Text:

PDF

References


Indah, I. N. (2013). Pembuatan Sistem Informasi Penjualan Pada Toko Sehat Jaya Elektronik Pacitan. Indonesian Jurnal On Computer Science.

Nurcahyono, Fendi. (2012). Pembangunan Aplikasi Penjualan Dan Stok Barang Pada Toko Nuansa Elektronik Pacitan. Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi.

Jogiyanto. (2010). Analisis & Desain Sistem. Yogyakarta: Andi Offset.

Pahlevi, D. S. M. (2013). Tujuh Langkah Praktis Pembangunan Basis Data. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Shalahudin, A. . R. dan. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Sutabri, Tata. (2012). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Tantri, T. A. & F. (2016). Manajemen Pemasaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v1i02.241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: