Sistem Informasi Penggajian di Koperasi Karyawan Mitra Sejahtera Berbasis Java

Elly Noviana, Intan Mutia, Acep Acep

Abstract


Permasalahan yang dialami Koperasi Karyawan Mitra Sejahtera dalam proses pencatatan data gaji karyawan memakan waktu lama, karena dalam melakukan pencatatan dan perhitungan gaji karyawan yang dilakukan dengan cara ditulis dan diarsipkan dalam buku atau dokumen koperasi bisa memakan waktu hingga berjam-jam. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode grounded research dalam penyelesaian permasalahan tersebut, dengan menggunakan metode pengembangan sistem yaitu Waterfall dalam penelitian ini adalah dengan tahapan-tahapan seperti rekayasa sistem, analisis, desain, coding, testing, dan maintenance. Tujuan dari sistem penggajian karyawan ini dirancang untuk memudahkan admin dalam proses pencatatan data karyawan, data absensi, data penggajian dan data bonus yang sudah terkomputerisasi dan tersimpan di database serta aplikasi yang dapat membantu bagian keuangan dalam membuat laporan penggajian. Hasil dari penelitian ini dengan adanya aplikasi sistem penggajian karyawan dapat menciptakan aplikasi untuk pendataan data karyawan serta perhitungan gaji karyawan dan pelaporan lebih akurat.


Keywords


Sistem; Penggajian; Karyawan; Java

Full Text:

PDF

References


Mania, M., Purnama, B. E., & Sukadi. (2016). Sistem Informasi Penggajian Karyawan Mitra Karya Prima Di Pembangkit Listrik Tenaga Uap 1 Pacitan. IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering.

Mulyadi. (2016). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Pahlevi, D. S. M. (2013). Tujuh Langkah Praktis Pembangunan Basis Data. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Prasojo, M. (2011). Pengantar Sistem Informasi Manajemen. bandung: CV. Remadja Karya.

Shalahudin, A. . R. dan. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Yulistiawan, I., Hidayah, N. A., & Arham, Z. (2011). Rancang Bangun Sistem Informasi Penggajian Karyawan (Studi Kasus: Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Harta Insan Karimah). Studia Informatika: Jurnal Sistem Informasi. https://doi.org/10.15408/sijsi.v4i2.139




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v3i03.1991

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: