Perancangan Aplikasi M-Learning Seni Budaya dan Keterampilan Kelas 5 Berbasis Android di MI Sirojul Athfal

Nur Apriani, Aulia Paramita, Shinta Dwi Handayani

Abstract


Mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan sering juga disebut SBK dianggap mata pelajaran yang kurang diminati oleh murid kelas 5 di MI Sirojul Athfal karena siswa lebih memperhatikan mata pelajaran produktif seperti matematika. Selain Kurang diminati oleh siswa ternyata media ajar yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran kurang efektif, karena guru masih mengandalkan buku teks dalam penyampaian materi. Sehingga, murid-murid kurang bisa memvisualisasikan pelajaran SBK dengan baik. Tujuan penelitian adalah untuk memberikan solusi kepada tempat penelitian terkait menerapkan media digital dalam proses pembelajaran SBK dengan membuat suatu aplikasi dan mempermudah dalam membuat penilaian terhadap murid-murid yang telah berhasil mengerjakan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan dalam perancangan aplikasi M-Learning yaitu metode SDLC (System Development Life Cycle) yaitu pendekatan yang bertahap untuk melakukan analisa dan membangun suatu rancangan sistem dengan menggunakan siklus yang lebih spesifik terhadap kegiatan pengguna. Sehingga peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa pihak sekolah dan murid kelas 5 diberi kemudahan dalam melaksanakan proses pembelajaran dengan mengimplementasikan media digital atau aplikasi yang telah dirancang dan dibangun dengan tersistem dan terstruktur, sehingga tingkat kerusakan dalam proses pembelajaran menggunakan media cetak dapat teratasi. Sekolah juga dapat dipermudah dalam membuat penilaian dari hasil evaluasi kepada murid-murid yang telah mengerjakan evaluasi melalui aplikasi.


Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2012). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Budiman, Tedi. (2018). Perancangan Sistem Pembelajaran Mobile (M-Learning) Berbasis Android Pada Materi Bangun Datar Dan Bangun Ruang. Jurnal Accounting Information System.

Ladjamudin. (2014). Analisis & Desain Sistem Informasi. yogyakarta: Graha Ilmu.

Liranti Rahmelina. (2017). Perancangan Mobile Leraning Berbasis Android Pada Mata Kuliah Sistem Operasi Di STMIK Indonesia Padang. Jurnal Informatika.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D. Bnadung: Alfabeta.

Susanto, Azhar. (2004). Sistem Informasi Manajemen konsep dan pengembangannya. Bandung: Lingga Jaya.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v1i01.199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: