Perancangan Aplikasi Kegiatan Santri pada TPQ Nurul Hidayah di Jakarta Timur Berbasis Netbeans

Siti Mu'arifah, Heri Satria Setiawan, Bayu Jaya Tama

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk merancang aplikasi  kegiatan santri pada TPQ Nurul Hidayah berbasis Netbeans. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Grounded Research yaitu metode penelitian pada fakta dan menggunakan analisis perbandingan dengan tujuan menetapkan konsep, pembuktian teori, mengembangkan teori, pengumpulan data, analisis data dalam waktu yang bersamaan. Setelah penulis membuat rancangan aplikasi kegiatan santri TPQ Nurul Hidayah berbasis Netbeans, akhirnya penulis dapat menarik kesimpulan bahwa dengan adanya aplikasi ini bagian tata usaha dapat mengefisien waktu karena proses pengerjaan sudah menjadi lebih mudah. Data yang diinput akan lebih aman karena semua sudah masuk ke dalam sistem aplikasi.


Keywords


aplikasi; kegiatan; santri

Full Text:

PDF

References


Edhy, S. (2010). Basis Data Dalam Tinjauan Konseptual. Yogyakarta: Andi. www.andipublisher.com/

Fathansyah. (2012). Basis Data. Informatika Bandung.

Hidayat, Syarif., D. (2018). Implementasi Metode At-Tahsin dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Hunafa Anak Saleh dan Saleha Kecamatan Jagakarsa Kota Jakarta Selatan. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(1), 76–87.

Hidayat, O. (2018). Sistem Informasi Pendaftaran Kegiatan Pameran Pariwisata Internasional Study Kasus Kementrian Pariwisata. Universitas Indraprasta PGRI.

Jogiyanto. (2010). Analisis dan Desain Sistem Informasi (IV). Yogyakarta: Andi Offset.

Machali, I., & Munawaroh, F. A. (2014). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Pendidik di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Hidayah Purwogondo Kalinyamatan Jepara. An-Nur, 6(2), 203–225.

Rosa, A. S., & Shalahuddin, M. (2015). Kolaborasi Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Sasongko, A., Latifah, & Adwiya, R. (2018). Sistem Informasi Kegiatan Tazkirah Terpadu: Konsep dan Rancangan. Seminar Nasional Inovasi Dan Tren, Vol. 1, No.

Suharsimi, A. (2013). Metodologi penelitian. Bumi Aksara, 62.

Thaher, Y. (2019). Perancangan Program Aplikasi Informasi Pendidikan di TPQ Nurul Jannah Menggunakan Java Netbeans. Universitas Bina Sarana Informatika.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v3i03.1723

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: