Perancangan Aplikasi Penyedia Jasa Khusus Rental Mobil Berbasis Android

Ahmad Fauzi, Dewi Leyla Rahmah, Aulia Ar Rakhman Awaludin

Abstract


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini berkembang sangat pesat. Kemajuan akan ilmu pengetahuan dan teknologi telah berperan penting di dalam masyarakat. Setiap waktu, setiap hari dan setiap detik selalu muncul teknologi baru. Tujuan penelitian adalah untuk membuat sebuah aplikasi yang efektif bagi CV. Obet Cipta Usaha dalam penyewaan mobilnya. Aplikasi membantu perusahaan dalam mengelola data-data karyawan, supir, mobil dan transaksi dengan mudah sehingga proses penyewaan mobil lebih cepat dan efisien. Sehingga laporan data di atas dapat langsung di lihat pada aplikasi. Aplikasi ini juga membantu pelanggan untuk melakukan penyewaan mobil dan mengetahui informasi tentang ketersediaan mobil yang akan di sewa tanpa harus datang ke tempat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu suatu penelitian kontekstual yang menjadikan manusia sebagai instrumen, dan disesuaikan dengan situasi yang wajar dalam kaitannya dengan pengumpulan data yang pada umumnya bersifat kualitatif. Hasil penelitian ini berupa aplikasi yang digunakan dalam penyewaan mobil. Jadi peneliti ini telah berhasil membuat aplikasi penyedia jasa khusus rental mobil berbasis android yang bertujuan untuk membantu pengguna memudahkan dalam melakukan penyewaan mobil tanpa harus datang ke tempat.

Keywords


Design; Android; Car Rental; Service Provider; Application

Full Text:

PDF

References


Binanto, I. (2014). Analisa Metode Classic Life Cycle ( Waterfall ) Untuk Pengembangan Perangkat Lunak Multimedia. Jurnal Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. https://doi.org/10.13140/2.1.1586.4968

P Harahap, N. S. (2012). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika

Kusniyati, H., & Pangondian Sitanggang, N. S. (2016). Aplikasi Edukasi Budaya Toba Samosir Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika. https://doi.org/10.15408/jti.v9i1.5573

Nurjanah, E.S. 2018. Perancangan Aplikasi Cuci Kendaraan Dan Pemesanan Online Pada Steam CBA Eka Jaya Berbasis Android. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI.

Pramana, H. W. (2012). Aplikasi Inventory Berbasis Access 2003. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Rizky, Soetam. 2011. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Saputra, A., Beny, & Nugroho, A. (2014). Perancangan Edukasi Pengenalan Nama Hewan Dalam Bahasa Inggris (Studi Kasus : Sdn.58/Vii Teluk Rendah Sarolangun). Jurnal Ilmiah Media Processor, 9(1), 54–66.

Safaat, N. (2011). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung : Informatika Bandung. In Android.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sutabri, T. (2012). Konsep Sistem Informasi. In Jurnal Administrasi Pendidikan UPI.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v3i01.1715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: