Sistem Informasi Penjualan Baja Ringan PT Wirama Mercu Metal Berbasis Java Netbeans

Aulia Rahma Esa Fitri, Sri Melati Sagita, Rahmatika Rahmatika

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja PT. Wirama Mercu Metal dalam memproses pengolahan data transaksi penjualannya dapat menghasilkan informasi yang lebih akurat dan efisien memberikan layanan pembelian baja serta efisiensi dari setiap proses yang ada dimana pada sistem berjalan dalam pembelian baja pembeli harus datang langsung ke kantor PT. Wirama Mercu Metal, kemudian data-data yang berkaitan dengan proses pembelian baja diolah oleh penjual menggunakan aplikasi Microsoft Word dan Excel lalu disimpan dalam bentuk arsip. Peneliti menggunakan dua metodologi penelitian dalam hal pengumpulan data dan perancangan sistem informasi. Dalam penelitian ini, tahap perancangan sistem menggunakan metode pengembangan System). Untuk menganalisis sistem berjalan. Sedangkan untuk pemodelan perancangan sistem mengunakan UML (Unified Modeling Language). Selain itu, penggunaan teknologi pada sistem informasi ini yaitu berbasis web dengan tools yang digunakan diantaranya Code Igniter sebagai bahasa pemrograman dan MySQL sebagai server database, serta pengujian menggunakan metode blackbox. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi berbasis website yang mempermudah pembeli dan staff penjualan dalam proses pembelian baja.


Keywords


Information Systems; Sales; Light Steel; Java

Full Text:

PDF

References


A.S., Rosa dan Shalahuddin, M. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. In Informatika Bandung.

Arijuddin, R. (2019). Sistem Informasi Penjualan Paket Pemasangan Baja Pada Pt. Bangun Sarana Baja. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

Hasanah, N. F. (2012). Perancangan sistem akuntansi penjualan tunai terkomputerisasi pada apotek gedong kuning. Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 1(1), 23–29.

Indrajani, S. (2015). Database Design. Elex Media Komputindo.

Ismail, R. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. USUpress.

Nofriadi, J. F. D. N. (2015). 8.0. 2. Yogyakarta: DeePublish.

Rahmawati, R. (2017). Sistem Informasi Inventory Stok Barang Pada Cv. Artha Palembang.[Skripsi]. Uin Raden Fatah Palembang.

Romney, M. B. (2015). Pengertian sistem menurut Marshall B Romney dan Paul John Steinbart. Sistem Informasi Akuntansi, 3.

Sutabri, T. (2012). Analisis sistem informasi. Penerbit Andi.

Tyoso, J. S. P. (2016). Sistem Informasi Manajemen. Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v3i01.1685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: