Perancangan Sistem Informasi Administrasi Akta Otentik pada Notaris dan PPAT Ira Koesoemawati, SH

Risma Kurniawati

Abstract


Kantor Notaris dan PPAT Ira Koesoemawati, SH ini merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang jasa yang diangkat dan di putuskan langsung oleh pemerintah. Dalam melakukan pencatatan data klien, pembuatan surat serah terima, pembuatan kwitansi, hingga pembuatan laporan masih terbilang manual sehingga data tersebut kurang akurat dan memerlukan waktu yang tidak sedikit. Dengan demikian dapat dirumuskan permasalahan yaitu bagaimana agar pencatatan data klien, membuat surat serah terima membuat transaksi dan membuat laporan yang diperlukan dapat lebih cepat, akurat dan efisien. Tujuan peneliti adalah dapat memudahkan karyawan dalam bekerja sehingga dalam menginput data klien, membuat surat serah terima, membuat kwitansi hingga laporan yang diperlukan dapat terkomputerisasi dengan cepat dan akurat. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode waterfall sehingga sistem informasi administrasi bisa diimplementasikan dan menjadi berguna dalam membuat penginputan klien, membuat surat serah terima, membuat kwitansi, dan membuat laporan. Pada penelitian ini telah dirancang sebuah sistem informasi administrasi akta otentik pada notaris dan PPAT Ira Koesoemawati, SH menggunakan alat bantu perancangan yaitu diagram alir data (DAD), diagram kontek, diagram nol, diagram rinci, dan Entity Relationship Diagram (ERD). Penelitian ini dapat menghasilkan aplikasi yang digunakan dalam menyimpan data klien, pembuatan surat serah terima, pembuatan laporan secara lebih cepat, akurat dan efisien.


Keywords


Informasi; Administrasi; Akta Otentik; Notaris; PPAT

Full Text:

PDF

References


Baharudin. (2014). Kewenangan PPAT Dalam Proses Jual Beli Tanah, 5 (1), 88-101.

Budiono, H. (2012). Kumpulan tulisan hukum perdata di bidang kenotariatan Cetakan ke III, Bandung: citra aditya bakti.

Fathansyah. (2018). Basis Data Edisi Ketiga. Bandung: Informatika.

Haqi, B. dan Setiawan, H.S. (2019). Aplikasi Absensi Dosen dengan Java dan Smartphonesebagai Barcode Reader. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Mardi. (2011). Sistem Informasi Akuntansi. Bogor: Ghalia.

Prawira, I. (2016). Tanggung Jawab PPAT Terhadap Akta jual Beli Tanah. 4 (1) , 64-78.

Pressman, R.S. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I. Yogyakarta: Andi.

Rahmat. (2013). Filsafat Administrasi. Jakarta: Pustaka Setia.

Rosa, A.S. dan Shalahuddin, M (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Subekti. (2010). Hukum Pembuktian Cetakan Ke Delapan Belas. Jakarta: Pradaya Paramita.

Sutarman. (2012). Buku Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta: Bumi Askara.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v2i04.1661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: