Sistem Informasi Dokumen Surat Masuk dan Surat Keluar PT Induk HIK

Adriyan Ahsan, Dian Nur Sholihaningtias

Abstract


Tujuan dari penelitian adalah untuk Merancang dan membuat sistem informasi dokumen surat masuk dan surat keluar pada PT Induk HIK yang efektif dan efesien agar memperoleh data yang cepat dan akurat, penyimpanan data secara aman agar terhindar dari penyelewengan data, sehingga data yang diberikan relevan dan akurat, sekaligus aplikasi yang mudah digunakan sehingga pengguna dapat menjalankan aplikasi tanpa mengalami kesulitan sehingga data yang dimasukan akan mudah diolah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode grounded research yaitu sebuah metode yang dilakukan berdasarkan fakta yang sebenarnya dan menggunakan analisa perbandingan dengan tujuan mengadakan generalisasi empiris, menetapkan konsep, membuktikan teori, mengembangkan teori, pengumpulan data dan analisa data dalam waktu yang bersamaan. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, penulis menyimpulkan bahwa sistem informasi dokumen surat masuk dan surat keluar ini dapat membantu produktifitas dalam kegiatan pengolahan data.


Keywords


Document; Incoming Letters; Outgoing Letters

Full Text:

PDF

References


Indrajani. (2015). Database Design. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Kartikasari, S. W. (2011). Sistem Informasi Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar Pada Unit Perlaksanaan Teknis Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar Kecamatan Pringkuku. Jakarta: Universitas Surakarta.

Kusdinar, I. C. (2014). Sistem Informasi Arsip Surat Masuk Dan Surat Keluar Pada Bagian Organisasi Dan Pemberdayaan Aparatur Daerah Sekretariat Kota Bandung. Bandung: Universitas Komputer Indonesia.

Mulyadi. (2016). Sistem Akuntansi. Dalam Sistem Akuntansi (hal. 4). Jakarta: Salemba Empat.

Oetomo. (2011). Dalam E. Susilo, Sistem Penjualan Online Berbasis Web dengan CMS Koma pada Toko Win Komputer di Kota Semarang. Semarang: Polines. Anastasia, D., & Lilis, S. (2011). Dalam Sistem Informasi Akuntansi (hal. 3). Yogyakarta: Andi.

Arief, M. (2011). Pemograman Web Dinamis Menggunakan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Andi.

Lidia, L. (2011). Perancangan Sistem Aplikasi Kepegawaian Pada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kab. Bogor. Jakarta: Universita Indraprasta.

Mulyadi. (2016). Sistem Akuntansi. Dalam Sistem Akuntansi (hal. 4). Jakarta: Salemba Empat.

Mutiani, & Tri, I. (2011). Indonesian Jurnal on Computer Science-Speed (IJCSS). Sistem Informasi Pembuatan Surat Pemesanan Obat Berbasis Sms Gateway Pada Pt. Sehat Bersama Sejahtera.

Nugroho, A. (2011). Perancangan dan Implementasi Sistem Basis Data. Yogyakarta: Andi.

Pabokory, F. N., Astuti, I. F., & Kridalaksana, A. H. (2015). informatika Mulawarman. Implementasi Kriptografi Pengamanan Datapada Pesan Teks, Isi File Dokumen, Dan File Dokumenmenggunakan Algoritma Advanced Encryptionstandard. Susilo, E. (2011). Dalam Oetomo, Sistem Penjualan Online Berbasis Web dengan CMS Koma pada Toko Win Komputer di Kota Semarang. Semarang: Polines.

Widodo, B. P. (2014). Dalam Pengurusan Surat. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wongso, F. (2015). Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis. Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Java.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v3i01.1541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: