Sistem Antrean Rumah Sakit Terpadu di RSUD Palabuhanratu Berbasis Java dan Mysql

Dendi Abdul Rohim, Aswin Fitriansyah, Achmad Sarwandianto

Abstract


Tujuan perancangan sistem antrian rumah sakit ini adalah membuat model antrian yang tepat dan efisien dalam usaha meningkatkan kualitas pelayanan di RSUD Palabuhan ratu. Metode penelitian dalam perancangan sistem antrian rumah sakit terpadu di RSUD Palabuhan ratu ini adalah dengan metode kualitatif yaitu mengamati secara langsung, wawancara dengan pihak terkait dan juga dengan melakukan dokumentasi untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Peneliti juga melakukan penelitian dengan membandingkan melalui referensi serta buku dan media lainnya yang memuat informasi yang dibutuhkan, menganalisa kebutuhan, perancangan, implementasi dan pengkodean, dan pengujian.  Aplikasi sistem antrian rumah sakit terpadu berbasis Java dan MySQL ini dapat digunakan sebagai bahan masukan dan pertimbangan sederhana bagi pihak rumah sakit dalam mengambil kebijakan penerapan sistem antrian yang tepat dalam upaya meningkatkan mutu pelayananan pasien.

Kata Kunci : Sistem, Antrean Rumah Sakit, Java, MySQL


Full Text:

PDF

References


Fridatama, N., Budikarso, A., & Yuliana, M. (2010). Rancang Bangun Sistem Layanan Antrian Rumah Sakit Berbasis Java. 1–6.

Shinta, R. T., & Triyono, G. (2011). Analisa dan Rancangan Sistem Informasi Antrian Menggunakan Biskitz CMS. Jurnal Telematika MKOM.

Sutabri, T. (2012). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Subhan, M. (2012). Analisa Perancangan Sistem. Jakarta: Lentera Ilmu Cendikia.

Rosa, A. S., & Salahuddin, M. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak : Terstruktur dan berorientasi objek. Bandung: Informatika.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v1i02.146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: