Perancangan Sistem Informasi Pendataan Absensi Karyawan PT Energizer Indonesia

Indah Desti Audriyani, Een Juhriah, Maimunah Maimunah

Abstract


Penanganan informasi pendataan absensi pada setiap organisasi atau perusahaan merupakan bagian pekerjaan yang sangat penting. Dengan adanya kegiatan tersebut tentunya akan mempermudah penanganan informasi yang diperlukan dalam menjalankan perusahaan. Semakin meningkatnya usaha maka informasi yang diperlukan pun semakin meningkat. Mengingat terbatasnya tempat, tenaga dan waktu dalam melakukan pendataan dan absensi karyawan diperlukan suatu alat bantu berupa komputer untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengumpulkan data-data untuk menganalisa sistem berjalan dan merancang sistem yang baru pada PT Energizer Indonesia. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian berdasarkan fakta yang ada dan menggunakan analisis perbandingan dengan tujuan mengadakan generalisasi empiris, pengumpulan serta analisis data. Pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi dan wawancara. Penelitian ini telah dirancang sebuah Sistem Informasi Absensi Karyawan yang dibuat menggunakan alat bantu perancangan sistem yaitu Diagram Aliran Data (DAD) serta dengan menggunakan bahasa pemrograman JAVA dengan Netbeans IDE, dan database MYSQL menggunakan XAMPP. Hasil yang diperoleh dalam penelitian yaitu penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa kegiatan yang berhubungan dengan pendataan pegawai dapat berjalan dengan baik dan lancar. Pekerjaan pengimputan data-data karyawan dengan cepat dan akurat serta dapat diupdate dengan mudah

Keywords


sistem informasi; absensi karyawan; java dan mysql

Full Text:

PDF

References


Burd, Jakson & Saztinger. (2012). Perancangan Sistem Informasi. Jakarta: Elex Media Kompetindo

Davis B, Gordon. (2012). Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen, Bagian I Pengantar. Jakarta: PT Pustaka Binamas Presindo.

Dudung. (2016). Pengertian, Komponen Dan Fungsi XAMPP Lengkap Dengan Penjelasannya. http://www.dosen pendidikan.com/pengertian-komponen-dan-fungsi-xampp-lengkap-dengan-penjelasannya

Eka Pratama, I Putu Agus. (2014). Sistem Informasi dan Implementasinya. Bandung: INFORMATIKA.

Jogiyanto, Hm. (2011). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

McLeod, Raymond. (2011). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.Sutabri, Tata. (2012). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Subhan, Mohamad. (2012). Analisa Perancangan Sistem. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia.Susanto, Azhar. (2013) Pengertian Sistem Informasi Akutansi. Bandung: Lingga Jaya.

Sutarman. (2012). Buku Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Tantra, Rudy. (2012). Manajemen Proyek Sistem Informasi, bagaimana mengolah proyek sistem informasi secara efektif & efisien. Yogyakarta: Andi Offset.

Yakub. (2012). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta : Graha Ilmu.

.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v2i02.1447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: