Rancangan Aplikasi Sistem Administrasi Posyandu pada RW 03 Sunter Agung

Bagus Imam Saputra, Abdul Mufti, M Chandra Irawan

Abstract


Posyandu merupakan kegiatan pelayanan kesehatan dengan tujuan agar masyarakat dapat memperoleh kemudahan dalam pelayanan kesehatan dasar dan menurunkan angka kematian ibu dan angka kematian bayi. Pencatatan data yang masih bersifat manual, penggunaan media kertas dan buku yang rawan rusak/hilang, serta sering terjadinya antri yang panjang merupakan faktor kendala yang dihadapi Posyandu Matahari I RW.03 Sunter Agung. Penelitian ini bertujuan untuk membantu kader Posyandu dalam melakukan pekerjaannya. Dalam prosesnya peneliti melakukan penelitian dengan metode kualitatif dengan Grounded Research. Hasil dari penelitian adalah sistem yang komputerisasi dan terstruktur dapat mengurangi penggunaan media kertas atau manual, penyimpanan data dapat lebih rapih serta memiliki cadangan, dan pengolahan data serta pembuatan laporan menjadi lebih efektif dan efisien.


Keywords


Administrasi, Posyandu, Java, Netbeans

Full Text:

PDF

References


A.S, R., & Shalahuddin, M. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Edisi Revisi. Bandung: Informatika Bandung

Daryanto. (2011). Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hutahaean, J. (2015). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish.

Mufti, A. (2015). Rancangan Layar Sebagai Alat Bantu Pendewasa Interaksi Manusia Dengan Komputer. Faktor Exacta, 8(2), 181–185.

Mulyasari, I. D. (2017). Perancangan Sistem Administrasi Pelayanan Terpadu (Posyandu) Nusa Indah II di Jakarta Timur Berbasis Java Netbeans. (Skripsi). Universitas Indraprasta PGRI.

Muslihudin, M., & Oktafianto. (2016). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur Dan UML. Yogyakarta: CV. Andi Offset (Penerbit Andi).

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Wijanarko, K. (2014). Perancangan Sistem Aplikasi Pengolahan Data Posyandu Pipit Pada Warga RT.009/08 Kelapa Dua Wetan Depok Berbasis Java. (Skripsi). Universitas Indraprasta PGRI.

Yanto, R. (2016). Manajemen Basis Data Menggunakan MySQL. Yogyakarta: Deepublish.

Yuniarsih, S. (2018). Perancangan Aplikasi Administrasi Posyandu Kuncup Harapan 2 Bogor Berbasis Java. (Skripsi). Universitas Indraprasta PGRI.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v2i03.1446

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: