Analisis Penyebab Tingginya Cancellation Rate pada Resort Hotel Menggunakan Algoritma C4.5

Fisca Shafa Salsabila, Apriade Voutama

Abstract


Tingginya tingkat pembatalan reservasi hotel menjadi tantangan utama dalam industri perhotelan karena dapat berdampak pada pendapatan dan efisiensi operasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi pembatalan reservasi pada resort hotel dengan menggunakan algoritma C4.5. Data yang digunakan berasal dari platform Kaggle, terdiri atas 119.390 observasi dari dua jenis hotel dalam periode 2015–2017. Metode Knowledge Discovery in Database (KDD) diterapkan melalui tahapan seleksi, praproses, transformasi, penambangan data, dan evaluasi model. Hasil analisis menunjukkan bahwa lead time yang panjang, jenis deposit "No Deposit", dan tipe pelanggan individu merupakan faktor utama yang memengaruhi pembatalan. Kontribusi utama dari penelitian ini adalah penyediaan model prediktif yang akurat (akurasi 96,08%) yang dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan strategis dalam manajemen reservasi hotel.


Keywords


Pembatalan Reservasi; Algoritma C4.5; Hotel; Knowledge Discovery in Database; Data Mining

Full Text:

PDF

References


Girsang, R., Ginting, E. F., & Hutasuhut, M. (2022). Penerapan Algoritma C4.5 Pada Penentuan Penerima Program Bantuan Pemerintah Daerah. Jurnal Sistem Informasi TGD, 1, 449–459. https://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/jsi

Julia, M., & Masyruroh, A. J. (2022). LITERATURE REVIEW DETERMINASI STRUKTUR ORGANISASI: TEKNOLOGI, LINGKUNGAN DAN STRATEGI ORGANISASI. 3(4), 383–395.

Millah, A. S., Apriyani, Arobiah, D., Febriani, E. S., & Ramdhani, E. (2023). Analisis Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 140–153.

Nazifah, N., & Prianto, C. (2023). Analisis Perbandingan Decision Tree Algoritma C4.5 dengan algoritma lainnya: Sistematic Literature Review. Jurnal Informatika Dan Teknologi Komputer, 4(2), 57–64. https://ejurnalunsam.id/index.php/jicom/

Nugraha, A., Maulana, I., Purwantoro, Irawan, A. S. Y., & Voutama, A. (2024). ANALISIS PENERAPAN ALGORITMA C4.5 DALAM PENENTUAN SISWA PENERIMA BEASISWA KARAWANG CERDAS (STUDI KASUS: SMK PGRI CIKAMPEK). Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, 8(5), 10078–10086.

Prasetyo, A., Musyaffa, N., & Sastra, R. (2020). IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK ANALISIS DATA PENJUALAN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS DAPOERIN’S) Program Studi Sistem Informasi [2]. JURNAL KHATULISTIWA INFORMATIKA, VIII(2), 94–96.

Purwanto, A., Primajaya, A., & Voutama, A. (2020). Penerapan Algoritma C4.5 Dalam Prediksi Potensi Tingkat Kasus Pneumonia Di Kabupaten Karawang. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (Justin), 8(4), 390–396. https://doi.org/10.26418/justin.v8i4.41959

Septiani, Y., Arribe, E., & Diansyah, R. (2020). ANALISIS KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS ABDURRAB TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE SEVQUAL (Studi Kasus : Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru). JURNAL TEKNOLOGI DAN OPEN SOURCE, 3(1), 131–143.

Syafrimansyah. (2024). Strategi Manajemen Perhotelan untuk Meningkatkan Kualitas Layanan. AL MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 4(2), 1319–1325.

Teguh, M., & Ciawati, S. T. (2020). PERANCANGAN STRATEGI DIGITAL MARKETING COMMUNICATION BAGI INDUSTRI PERHOTELAN DALAM MENJAWAB TANTANGAN ERA POSMODEREN. Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6(1), 51–134. http://journal.ubm.ac.id/

Veronica Agustin, A., & Voutama, A. (2023). IMPLEMENTASI DATA MINING KLASIFIKASI PENYAKIT DIABETES PADA PEREMPUAN MENGGUNAKAN NAÏVE BAYES. Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, 7(2), 1002–1007.

Wisnawa, I. M. B. (2024). Analisis Bibliometrik dengan VOSViewer pada Tren Penelitian Industri Hospitality : Studi Kasus Bidang Pemasaran Hotel. Jurnal Bisnis Hospitaliti, 13(1), 43–62. https://doi.org/10.52352/jbh.v13i1.1371




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v6i03.13925

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: