Pengembangan Sistem E-Commerce Berbasis Python untuk Optimasi Penjualan dan Penyewaan Printer

Wulan Dwi Putri, Ulfiyah Nahdi Pratista, Muhammad Ilham Misbakhul Anwar, Salefi Laoli, Syarifah Geubrina Alayda, Setyo Ardika Putra, Muhammad Irfan Suherman, Moch Irvan Baihaqqi, Rahnita Nuzulah

Abstract


Penelitian ini mengembangkan sistem e-commerce berbasis Python yang ditujukan untuk meningkatkan efisiensi dalam penjualan dan penyewaan printer. Dengan persaingan yang semakin ketat di era digital, bisnis printer membutuhkan solusi teknologi untuk meningkatkan kinerja operasional dan memperluas akses ke pasar. Pengembangan sistem ini dilakukan menggunakan metodologi waterfall, yang mencakup tahapan analisis kebutuhan, perancangan sistem, pengembangan aplikasi, pengujian, hingga implementasi. Pada penelitian ini kanmenggunakan bahasa pemrograman Python untuk membangun platform e-commerce yang responsif, aman, dan user-friendly. Metodologi yang diterapkan mencakup analisis kebutuhan, desain sistem, pengembangan aplikasi, serta pengujian fungsi. Hasilnya menunjukkan bahwa sistem ini mampu meningkatkan jumlah transaksi, memperbaiki pengelolaan inventaris, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini juga memiliki implikasi untuk meningkatkan efisiensi bisnis di bidang printer serta menjadi acuan bagi pengembangan sistem e-commerce di industri lainnya.


Keywords


Website; e-commerce; Python; Penjualan dan penyewaan printer.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Fauzi, F., Darmawan, F., Setiabudhi no, J., & Barat, J. (2023). Pembangunan Aplikasi E-Commerce berbasis Website Menggunakan Laravel (Vol. 2, Issue 1). https://journal.unpas.ac.id/index.php/pasinformatik

Alamin, Z., Missouri, R., Sutriawan, S., Fathir, F., & Khairunnas, K. (2023). Perkembangan E-commerce: Analisis Dominasi Shopee sebagai Primadona Marketplace di Indonesia. J-ESA (Jurnal Ekonomi Syariah), 6(2), 120–131. https://doi.org/10.52266/jesa.v6i2.2484

Attar, R. W., Almusharraf, A., Alfawaz, A., & Hajli, N. (2022). New Trends in E-Commerce Research: Linking Social Commerce and Sharing Commerce: A Systematic Literature Review. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 14, Issue 23). MDPI. https://doi.org/10.3390/su142316024

Dwi Kartika, M., & Priyadi, Y. (2020). Pengembangan Sistem Penjualan Menggunakan UML Dan Proses Bisnis E-Commerce Pada TB. Purnama Banjarnegara. 7(3), 480–497. http://jurnal.mdp.ac.id

Dwi Septian, F., Setiawati Fakultas Ilmu Komputer Universitas Boyolali, D., AMIK Harapan Bangsa Surakarta, B., Ir Sutami No, J., & Surakarta, S. (2019). Sistem Informasi Manajemen Mutu Produk Laboratories Wonogiri. In JITU : Journal Informatic Technology And Communication (Vol. 3, Issue 2). https://ejournal.uby.ac.id/index.php/jitu

Dwinanda Asti, C., Hayuhardika, W., Putra, N., & Purnomo, W. (2021). Pengembangan Website E-Commerce dengan Pemanfaatan Sistem Payment Gateway Midtrans (Studi Kasus: Butik Rizza Collection) (Vol. 5, Issue 12). http://j-ptiik.ub.ac.id

Kurniawan, D., Handayani, T., & Sa’diah, H. (2024). Perancangan Sistem Informasi Rental Kamera Berbasis Java Netbeans di Jepret Blur Depok. Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 5(3), 435–442.

Nurhayati, S., Sucahyo, N., Manajemen Informatika, P., Teknologi, F., Swadharma Jakarta, I., & Sistem Informasi, P. (n.d.). Penerapan Metode PIECES Dalam Pengembangan Sistem E-Commerce Penjualan Produk Komputer.

Pitriyani, R., Triyono, G., & Nugroho, S. Y. (2021). Pengembangan Model Sistem E-Commerce Berbasis Web Dengan Content Management System (CMS). In Indonesia Journal Information System (IDEALIS) (Vol. 4, Issue 1). http://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/index

Ridwan, H., & Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Halu Oleo, D. (2018). Komunikasi Digital Pada Perubahan Budaya Masyarakat E-Commerce Dalam Pendekatan Jean Baudrillard. www.gramedia.com.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v6i01.13261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: