Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Jasa pada Bengkel Las Listrik Mitra Baja Abadi

Aniah Wulandari, Sri Melati Sagita, Nurfidah Dwitiyanti

Abstract


Di beberapa bidang swasta yang berskala besar maupun kecil, sudah menggunakan sistem terkomputerisasi untuk membantu menyelesaikan pekerjaan mereka. Tetapi ada juga yang belum menggunakan sistem terkomputerisasi, karena kurang pengetahuan terkait teknologi informasi atau belum dapat mengoptimalkan manfaat dari teknologi informasi. Salah satu usaha yang menyediakan pelayanan jasa yaitu bengkel las listrik dan konstruksi Mitra Baja Abadi (MBA) yang berada di daerah Depok. Bengkel tersebut masih mendapat kendala dalam hal pelayanannya. Selain itu, dikarenakan kurang ketelitian maka timbul kesalahan dalam hal pembuatan barang dan perhitungan biaya yang membuat pihak bengkel mengalami kerugian. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sistem informasi pelayanan jasa pada bengkel las listrik dan konstruksi Mitra Baja Abadi untuk membantu mengatasi permasalahan dalam pengolahan data. Meningkatkan kualitas pelayanan jasa terhadap konsumen menggunakan bahasa pemrograman Java Netbeans dan database MySQL berbasis desktop. Metode penelitian yang digunakan dalam aplikasi ini adalah metode penelitian terapan, sedangkan pengembangan sistem menggunakan metode waterfall. Hasil dari penelitian ini adalah berupa aplikasi pelayanan jasa pada bengkel las listrik dan konstruksi Mitra Baja Abadi yang dapat memudahkan dalam pengelolaan data agar lebih efektif dan efisien, serta meningkatkan kualitas pelayanan jasa terhadap konsumen. 


Keywords


Perancangan, Sistem Informasi, Pelayanan, Java

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, E. Y., & Irviani, R. (2017). Pengantar Sistem Informasi. In E. Risanto (Ed.) (1 ed., hal. 1). Yogyakarta: Andi.

Hasanah, H. (2016). Teknik-Teknik Observasi. at-Taqaddum, 8, 26. Diambil dari https://journal.walisongo.ac.id/index.php/attaqaddum/article/view/1163

Kotler, P., & Armstrong, G. M. (2012). Principles Of Marketing (14 ed., hal. 214–223). Pearson Prentice Hall.

Ladjamudin, A.-B. Bin. (2013). Analisis dan Desain Sistem Informasi (hal. 142). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mulyani, S. (2016). Metode Analisis dan Perancangan Sistem (2 ed., hal. 76). Bandung: Abdi Sistematika.

Prawiratama, P. P. I. (2015). Aplikasi Pengelolaan Penjualan Kerajinan Besi Berbasis Web & SMS Gateway. e-Proceeding of Applied Science, 1. Diambil dari https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/information/38.html

Salim, & Haidir. (2019). Penelitian Pendidikan : Metode, Pendekatan, dan Jenis. In I. S. Azhar (Ed.) (1 ed., hal. 16). Jakarta: KENCANA.

Siregar, A. Z., & Harahap, N. (2019). Strategi dan Teknik Penelitian Karya Tulis Ilmiah dan Publikasi (hal. 48). Yogyakarta: Deepublish.

Suryadharma, & Budyastuti, T. (2019). Sistem Informasi Manajemen (hal. 5–6). Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Tristianto, C. (2018). Pengunaan Metode Waterfall untuk Pengembangan Sistem Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Pedesaan. Teknologi Informasi, 12. Diambil dari http://jurnal-eresha.ac.id/index.php/esit/article/view/51

Utami, F. H., & Asnawati. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak. In J. Hutahaean (Ed.) (hal. 53–56). Yogyakarta: Deepublish.

Wati, A., & Aksara, L. O. M. B. (2016). Aplikasi Pengolahan Data Penjualan Pada CV. Langgeng Samudra Kendari Menggunakan Bahasa Pemrograman Borland Delphi 7.0. Sistem Informasi dan Teknik Komputer, 1. Diambil dari http://ejournal.catursakti.ac.id/index.php/simtek/article/view/19




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v2i03.1254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: